AN ANALYSYIS OF SPEAKING ANXIETY BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1245Kata Kunci:
Analisis, Kecemasan BerbicaraAbstrak
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah jenis dan faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan berbahasa inggris siswa keas X SMA Negeri 1 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau semester gasal 2022/2023. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara kemudian di analsis oleh peneliti dengan tiga langkah yaitu reduksi data , display data, dan penarian kesimpulan atau verivikasi. Penelitian ini menemukan bahwa ada tiga jenis dan faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau. Untuk jenis kecemasan ada kecemasan komunikasi, kecemasan ujian, dan ketakutan akan evaluasi negatif. Dan untuk faktor kecemasan, ada yang takut salah, kurang kosa kata, dan kurang percaya diri.
Unduhan
Referensi
Ansari, M. S. (2015). Speaking Anxiety inESL/EFL Classrooms: A Holistic Approach and Practical Study. International Journal of Educational Investigations, 38-46.
Brown, G. (1995). Speakers, Listener and Communication: Explorations in Discourse Analysis. Cambridge university press.
Hashemi, M. (2011). Language Stress and Anxiety Among the English Language Learners. Procedia-Social and Behavioral Science, 11-16
Heigham, J., & Croker, , R. (2009). Qualitative Research in Applied Linguistics: A Practical Introduction. Springer.
Ikhsania, N. (2022). An Analysis of Student’s Speaking Anxiety: Possible Cause and Coping Strategies . Jakarta: FITK UIN Hidayatullah.
Kondo, D. S., & Ling, Y. Y. (2004). Strategies For Coping With Language Anxiety: The Case of Students of English in Japan. Elt Journal, 258-265
Leong, M. L., & Ahmadi, S. M. (2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English-Speaking Skill. International Journal of Research in English, 34-41.
Lucas, R. I., Miraflores, E., & Go, D. (2011). English Language Learning Anxiety Among Foreign Language Learners In Philippines. Philippine ESL Journal, 94-119.
Maclntyre, P. D., & Gardner, P. C. (1989). Anxiety and Second-Language Learning: Toward Theoretical Clarification. Language Learning, 251-275.
Mashayekh, M., & Hashemi, M. (2011). Recognizing, Reducing and Copying With Test Anxiety: Causes, Solutions and Recommendations. Procedia-Social and Behavioral Science, 49-55.
Sadiq, J. M. (2017). Anxiety in English Language Learning: A Case study of English Language Learners in Saudi Arabia. English Language Teaching, 1-7.
Spark, R. L., Ganschow, L., & Javorsky, J. (2000). Anxiety Learning Ability. Modern Language Journal, 251-255…
AL, H. E. (2000). Foreign Language Learning Differences. Modern Language Journal, 251-255.
Diptia, F. P., & Utami, P. P. (2022). An Analysis of EFL Students’ Anxiety in English Speaking. Journal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3605-3608.
Herwanto. (2013). Factors That Cause Language Anxiety in The English Classroom Speaking In SMP Negeri 4 Pakem Yogyakarta. Yogyakarta state University, 50-62.
Hoerwitz, E. K., Horwitz., M. B., & Cope, J. (1986). Foreign Language Classroom Anxiety. The Modern Language Journal, 142-132.
Hoerwitz, E. K. (2006). Preliminary Evidence For The Validity and Reliebity of A foreign Language Anxiety Scale. Tesol Quarterly, 932-935.