PERCEPTION OF USING TIKTOK TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY ON ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 3 BAUBAU

Penulis

  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Siti Rahma Dina Ismail Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1247

Kata Kunci:

Persepsi, TikTok, Kosakata

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah aplikasi Tiktok memberikan dampak untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 3 Baubau siswa kelas XI. Penelitian ini memberikan motivasi untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang pengaruh penggunaan media sosial seperti TikTok oleh siswa terhadap pengembangan kosa kata bahasa Inggris siswa pada siswa kelas 11 di SMA Negeri 3 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan tipe QUAL-quan, dimana data akan disebarkan dengan metode kualitatif seperti wawancara dan dokumenter dan metode kuantitatif seperti kuesioner. Sebanyak 37 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Baubau, telah terlibat dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan desain tertanam dengan pemilihan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok menyediakan sumber konten bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menambah kosa kata bahasa Inggris siswa. Siswa juga dapat mengakses aplikasi kapan saja dan di mana saja, selanjutnya siswa juga dapat memperoleh hiburan dan menambah kosa kata bahasa Inggris mereka kapan saja. Selain itu siswa juga menyebutkan masalah yang mereka hadapi dalam mengakses aplikasi ticktock seperti koneksi internet. Dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap aplikasi TikTok dengan maksud untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komonikasi Dan Opini Publik, 21(1).

Creswell, C., Shildrick, S., & Field, A. P. (2011). Interpretation of ambiguity in children: A prospective study of associations with anxiety and parental interpretations. Journal of Child and Family Studies, 20(2), 240-250.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi mahasiswa universitas Tribhuwana Tunggadewi Malangterhadap penggunaan aplikasi TikTok. In JISIP (Vol. 7, Issue 2).

Doody, O., & Noonan, M. (2013). Preparing and conducting interviews to collect data. Nurse researcher, 20(5).

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021).Perilaku generasi terhadap penggunnan media Tiktik: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2). https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Hayes, C., Stott, K., Lamb, K. J., & Hurst, G. A. (2020). “Making Every Second Count”: Utilizing TikTok and Systems Thinking to Facilitate Scientific Public

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Nety, N., Syafitri, N., & Ismail, S. R. D. (2023). PERCEPTION OF USING TIKTOK TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY ON ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 3 BAUBAU. English Education Journal, 9(1), 72-80. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1247

Terbitan

Bagian

Articles