AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED BY PARENTS IN EDUCATING THEIR CHILDREN IN WANGI-WANGI SUB-DISTRICT WAKATOBI REGENCY

Penulis

  • Baharudin Adu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Jimiludin Jimiludin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1397

Kata Kunci:

anak, figuratif, orang tua

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bahasa kiasan apa yang sering digunakan orang tua di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi dalam mendidik anaknya?, bahasa kiasan apa yang paling banyak digunakan oleh orang tua di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi di mendidik anak-anaknya? dan mengapa orang tua lebih memilih bahasa kiasan daripada bahasa umum dalam mendidik anaknya di Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bahasa kiasan yang digunakan oleh orang tua untuk mendidik anaknya di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, untuk mengetahui bahasa kiasan yang paling banyak digunakan oleh orang tua di Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi. Kabupaten dalam mendidik anaknya dan untuk mengetahui mengapa orang tua menggunakan bahasa kiasan dalam mendidik anaknya di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi.Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua, desa adat dan anak-anak di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini berdasarkan model [1] yaitu reduksi, display dan verifikatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 37 bahasa kiasan dan 8 jenis bahasa kiasan yang masih sering digunakan oleh orang tua, desa adat dalam mendidik anak-anaknya dan yang anak dengar di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Yaitu metafora, simile, ironi, oksimoron, hiperbola, personifikasi, julukan dan metonimi. Dari 37 bahasa kiasan yang digunakan terdapat 18 bahasa kiasan yang digunakan oleh orang tua, 9 yang sering digunakan oleh desa adat dan 10 yang anak dengar dari orang tuanya. Bahasa kiasan yang paling sering digunakan oleh orang tua di Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi adalah simile dengan jumlah 10 Simile, 7 Metonim, 6 Ironi, 5 Metafora, 3 Oksimoron, 3 Hiperbola, 2 Personifikasi, dan 1 Julukan. Orang tua memilih bahasa kiasan dalam mendidik anaknya karena bahasa yang digunakan lebih lembut dan anak tidak mudah tersinggung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Miles and Huberman, Qualitative Data Analysis. 1994.

Susanto, “ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN ENGLISH SLOGAN OF COMMERCIAL BEVERAGE PRODUCTS,” 2019.

Nurdianyah D.M.R et all, “USING COLOR CODING TO IMPROVE STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY ABILITY,” Proj. (Professional J. English Educ., vol. 2 (3), 2019.

Komorowska H., Speech and its silent partner: Gesture in communication and language learning. 2018.

Sugiono, “AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN THE LYRIC OF ‘A WHOLE NEW WORLD’ BY ZAYN MALIK AND ZHAVIA WARD,” Proj. (Professional J. English Educ., vol. 3 (4), no. in the journal Nursolihat, S. and Kareviati, E., 2020.

LaRocque et all, “PARENTAL INVOLVEMENT IN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION: UNDERSTANDING PARENTS’ PERCEPTIONS,” Int. Online J. Educ. Teach., vol. 5 (4), no. In a journal written by Kalaycı, G., 2018.

Al-Mahrooqi et all 2016, “PARENTAL INVOLVEMENT IN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION: UNDERSTANDING PARENTS’ PERCEPTIONS,” Int. Online J. ofEducation Teach., vol. 5 (4), no. In a journal written by Kalaycı, G., 2018.

Epstein and Sanders. 1998, “PARENTAL INVOLVEMENT IN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION: UNDERSTANDING PARENTS’ PERCEPTIONS,” Int. Online J. Educ. Teach. Educ. Teach., vol. 5 (4), no. In the journal written by Kalaycı, G., & Öz, H., 2018.

Groys 2009:113, “An Analysis of Figurative Language in Online Short Story Posted on The Jakarta Post,” Prasasti J. Linguist., vol. 4 (2), no. In the journal written by Wibisono,T.R. and Widodo, P., 2019.

Crystal 1999., “AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN EDGAR ALLAN POE’S POEMS,” Linguist. English Educ. Art J., vol. 2 (1), no. In the journal written by Syafitri, D. and Marlinton, M., 2018.

Perrine 1992, “AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN EDGAR ALLAN POE’S POEMS,” Linguist. English Educ. Art J., vol. 2 (1), no. In the journal written by Syafitri, D. and Marlinton, M., 2018.

Rozakis, “How to Interpret Poetry,” in New York: A Simon and Schuster Company., 1995.

Cuddon 1998, “The Analysis of some Stylistic Features of English Advertising Slogans,” Liet. Edukologijos Univ., vol. 16 (3), no. In the journal written by Dubovičienė,T. and Skorupa, P., 2014.

D. 2004, “Three Dimensional Aspect of a Main Character Mathilde in Guy De Maupassant’s THE NECKLACE,” Morphosis J. Lit., vol. 1 (1), no. In the journal written by Fadlilah, F. M. and Priyawan, P., 2019.

Abrams, “Figure Of Speech Analysis On I Am Human Too Poem By Godsplan K. Ugwuja,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21 (13), no. In the journal written by Efendi, D., 2021.

Keraf, “LINGUISTICS ANALYSIS: FIGURATIVE LANGUAGE USED IN ROBERT FROST’S POEM,” Keraf, 2009, vol. 1 (1), no. In the journal written by Fahas, R. et all, 2021.

Moleong, Metodologi penelitian kualitatif. 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. 2017.

C. 2012, Education Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Adu, B., Nety, N., & Jimiludin, J. (2023). AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED BY PARENTS IN EDUCATING THEIR CHILDREN IN WANGI-WANGI SUB-DISTRICT WAKATOBI REGENCY. English Education Journal, 9(2), 101-115. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1397

Terbitan

Bagian

Articles