THE EFFECT OF VOCABULARY MASTERY ON STUDENTS WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE TEXT AT SMP NEGERI 4 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1411Kata Kunci:
Penguasaan Kosa Kata, Kemampuan MenulisAbstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif siswa kelas delapan di SMP Negeri 4 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif kelas delapan di SMP Negeri 4 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kepada siswa untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata siswa terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 55 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Data dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif kelas delapan di SMP Negeri 4 Baubau. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisis statistik yang diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,939 dengan nilai r tabel sebesar 0,266. Nilai rxy lebih besar dari nilai r tabel (0,939 > 0,266) dan nilai signifikansi lebih kecil dari (0,5) atau dengan kata lain hipotesis Null (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Unduhan
Referensi
C. C. Fries, “Teaching and Learning Vocabulary as a Foreign Language.” New York: The University of Michigan Press, 1974.
P. Nation, R. Waring, N. Schmitt, and M. McCarthy, “Vocabulary: Description, acquisition and pedagogy,” Japan Notre Dame Seishin Univ., vol. 6, 1997.
N. T. T. Huyen and K. T. T. Nga, “Learning vocabulary through games,” Asian EFL J., vol. 5, no. 4, pp. 90–105, 2003.
G. Hornby, Improving parental involvement. A&C Black, 2000.
J. C. Richards and R. W. Schmidt, Longman dictionary of language teaching and applied linguistics. Routledge, 2013.
F. Furqon, “Correlation between students’ vocabulary mastery and their reading comprehension,” J. English Educ., vol. 1, no. 1, pp. 68–80, 2013.
L. A. Agustina, “Improving the Fifth Year Students’ Vocabulary Achievement through English Children Songs at SDN Baratan 1 Jember,” 2010.
D. Byrne, “Teaching Writing ability.” New York: Longman Group Ltd, 1993.
C. P. Casanave and S. Vandrick, Writing for scholarly publication: Behind the scenes in language education. Routledge, 2003.
S. Renaldi, “Using Instagram to Improve Students’ Ability and Interest in Writing Descriptive Paragraphs.” Makassar: Unismuh Press, 2017.
A. W. Diane, “Composition: Model and Exercise.” New York: Harcourt, Brace & World, Inc, 1966.
J. E. Warriner, Industrial Environment: Its Evaluation and Control. US Government Printing Office, 1982.
S. Barnet and M. Stubbs, “Practical guide to writing: With additional readings,” Glenview, IL: Scott, Foresman, 1990.
L. Fink, Choices, a text for Writing and Reading. Little, Brown, 1983.
J. J. DeBoer, “Chapter III: Oral and Written Language,” Rev. Educ. Res., vol. 25, no. 2, pp. 107–120, 1955.
F. D. White, The Writer’s Art: A Practical Rhetoric and Handbook. ERIC, 1986.
S. Sugiyono, “Business research methods,” Bandung Alf., 2012.
J. W. Creswell, “Research, educational planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research.” Pearson Education, 2012.
A. Dahnianti, “Using The Students’ Visit To Increase Their Ability in Writing Descriptive Text,” 2018.
A. Malau, T. Sukotrihadiyono, and F. Ghozali, “Integrated Sand Control Methodology Utilization of Thru Tubing Sand Screen Technology,” 2016.
S. Khairunas, R. M. D. Pratama, and A. Iswanto, “The Effect of Learning Motivation and Vocabulary Mastery towards Students’ Writing Skill in Argumentative Text at Private Senior High School in Kabupaten Serang,” Wanastra J. Bhs. dan Sastra, vol. 11, no. 1, pp. 37–46, 2019.