THE IMPACT OF FIX UP STRATEGY TO IMPROVE READING COMPREHENSION ON THE JUNIOR HIGH SCHOOL SETTING IN INDONESIA

Penulis

  • Asti Wahyuni B Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Baharudin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Lufia Lufia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1561

Kata Kunci:

strategi fix up, pemahaman membaca

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak fix up strategi untuk meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batauga tahun ajaran 2023/2024. Populasinya  terdiri dari 3 kelas yaitu VII A, VII B dan VII C. Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak sekolah, jumlah populasi adalah 89 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah (VII A dan VII C) dua kelas yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, penggunaan strategi fix up pada siswa SMP Negeri 1 Batauga berada pada kategori baik yang dibuktikan dengan nilai pretest pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 43.30 dan nilai rata-rata kelas control sebesar 37.60. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 71.83 dan kelas control sebesar 57.93, didapatkan t hitung sebesar 5.695 dan t table 2.010 untuk alpa (α) 0.05. Nilai t hitung lebih tinggi dibandingkan t table. Sehingga metode fix up strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pada teks deskriptif di SMP Negeri 1 Batauga pada tahun ajaran 2023/2024.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. Padma, Reciprocal teaching techniques. APH Publishing, 2008.

C. Wallace, Critical reading in language education. 2003. doi: 10.1057/9780230514447.

W. Grabe and F. L. Stoller, Teaching and researching reading. Routledge, 2019.

J. Serravallo and L. Calkins, Teaching Reading in Small Groups Differentiated Instruction for Building Strategic, Independent Readers. 2010.

M. E. Middleton, “Reading motivation and Reading comprehension.” The Ohio State University, 2011.

J. Moreillon, Collaborative Strategies for Teaching Reading Comprehension: Maximizing Your Impact. American Library Association, 2007. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=mU3YjwEACAAJ

R. R. Day and J. Park, “Developing reading comprehension questions,” Read. Foreign Lang., vol. 17, no. 1, pp. 60–73, 2005.

S. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.” Cv, 2015.

J. W. Creswell, Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. pearson, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Wahyuni B, A., Baharudin, B., & Lufia, L. (2024). THE IMPACT OF FIX UP STRATEGY TO IMPROVE READING COMPREHENSION ON THE JUNIOR HIGH SCHOOL SETTING IN INDONESIA. English Education Journal, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1561

Terbitan

Bagian

Articles