THE USE OF MISTAKE BUSTER TECHNIQUE ON STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH STRUCTURE AT ENGLISH STUDENTS OF DAYANU IKHSANUDDIN UNIVERSITY
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1562Kata Kunci:
Teknik Mistake Buster, Ketertarikan siswa, strukturAbstrak
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Teknik Mistake Buster terhadap minat siswa dalam mempelajari struktur bahasa Inggris pada semester kedua mahasiswa bahasa Inggris di Universitas Dayanu Ikhsanuddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik Mistake Buster terhadap minat siswa dalam mempelajari struktur bahasa Inggris pada semester kedua mahasiswa bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode pra eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin yang berjumlah 30 mahasiswa. Sampel berjumlah 30 siswa dan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menemukan skor rata-rata pra-kuesioner adalah 73,53 dan skor rata-rata pasca-kuesioner adalah 82,20. Analisis statistik inferensial diperoleh nilai p (sig.(2-tailed)) sebesar 0,001 < 0,05, dan uji t sebesar 10,44. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Mistake Buster Technique terhadap minat belajar struktur Bahasa Inggris mahasiswa pada mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Unduhan
Referensi
S. Sagala, “Konsep dan Makna Pembelajaran,” Alvabeta, Bandung. 2008.
Brumfit, “Proses Belajar Mengajar,” Bumi Aksara, Jakarta. 2001
Mujoko, "Improving Students' Mastery in Using Question Tag Through EGRA Technique". Singaraja, 2000.
P. Hartwell, “Grammar, Grammars and the Teaching of Grammar. College English, vol. 47, pp. 105–127, 2009.
A. Sujanto, “Psikologi Kepribadian,” Bumi Aksara, Jakarta. 2001.
H. K. P. Huynh, “Getting Students actively Involved using the Mistake Buster Technique.,” 2003.
G. I. Hanifa and Y. Triana, “Using The Mistake Buster Technique in Teaching Grammar to Junior High School Students.,” J. ELT. vol. 1, no. 2, pp. 341–347, 2013.
A. T. Syam, “Using the Mistake Buster Technique to Improve the English Grammar Mastery,” IJELTAL, vol. 1, no. 2, 2017.
L. Fusha, “The Use of Mistake Buster Technique to Improve Students' Grammar Mastery,” Kudus. 2014.
Slameto, “Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya," Rhineka Cipta, Jakarta. 2010
M. Syah, “Psikologi Pendidikan,” PT Remaja Rosdakarya, Bandung. 2013.
S. B. Djamarah, "Psikologi Belajar", Rhineka Cipta, Jakarta. 2011.
W. Mursyidi, “Kajian Teori Belajar Behaviorisme dan Desain Instruksional.” JPI, vol.3, no. 1, pp. 33-38, 2020.
O. Hamalik, “Proses Belejar Mengajar.,” Bumi Aksara, Jakarta. 2001.
W. S. Winkel, “Psikologi Pengajaran,” Media Abadi, Yogyakarta. 2007.
H. D. Brown, “Teaching by principles," Prentice Hall, New Jersey. 2001.
J. Harmer, “The Practice of English Langauge Teaching,” Longman Group Ltd, London. 2001.
R. Apen, “The Applicative Use of Problem Solving Technique in Teaching Grammar.," 2016.
S. H. Joyce and A. Burns, “Focus on Grammar," Southwood Press, Sydney. 2001.
V. Fromkin, “An Introduction to Language,” Thomson Wadsworth, Boston. 2007.
A. Hughes, "Testing For Language Teacher", University Press, Cambridge. 2003.
Emzir, “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Rajawali Pers, Jakarta. 2008.