THE CORRELATION BETWEEN READINGANXIETY AND READING COMPREHENSION AT SMA NEGERI 3 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1563Kata Kunci:
kecemasan, pemahaman, membacaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan membaca siswa terhadap pemahaman membaca di SMAN 3 Bauban. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan membaca terhadap pemahaman membaca di SMAN 3 Bauhau.
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 95 siswa. pengambilan sampel menggunkan teknik random samping yang berjumlah 30 siswa.yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelasXI merdeka 1,XI merdeka 2,XI merdeka 3 pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan tes, untuk mengetahui pengaruh kecemasan membaca terhadap pemahaman membaca dalam penggunaan bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis prasyarat, dan Analisis statistic inferensial Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan membaca terhadap pemahaman membaca. Kesimpulan ini didasarkan pada analisis statistik. Karena Fhitung sebesar 0,307 dengan nilai signifikansi sebesar 0,584 maka Fhitung lebih rendah dari Ftable dan nilai signifikansinya lebih besar dari (0,05). Artinya hipotesis H0 diterima dan hipotesis alternatif ditolak.
Unduhan
Referensi
W. D. Guimba and J. C. Alico, “Reading anxiety and comprehension of grade 8 Filipino learners,” Int. J. Humanit. Soc. Sci. Spec. Vol., pp. 44–59, 2015.
M. Qrqez and R. Ab Rashid, “Reading comprehension difficulties among EFL learners: The case of first and second year students at Yarmouk University in Jordan,” Arab World English J. Vol., vol. 8, 2017.
R. C. Gardner, “Social psychology and second language learning: The role of attitudes and motivation,” (No Title), 1985.
J. Aisyah, “Students’ reading anxiety in English foreign language classroom,” J. English Educ., vol. 5, no. 1, pp. 56–63, 2017.
H. Muyasaroh, Y. H. Baharudin, N. N. Fadjrin, T. A. Pradana, and M. Ridwan, “Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19,” LP2M UNUGHA Cilacap, vol. 3, 2020.
C. Brantmeier, “Anxiety about L2 reading or L2 reading tasks? A study with advanced language learners,” Reading, vol. 5, no. 2, pp. 67–85, 2005.
M.-L. Chen, “Test anxiety, reading anxiety and reading performance among university English as second language learners,” Unpubl. MA thesis Dep. Appl. English, Coll. Appl. Lang. Ming Chuan Univ. Taiwan, China, pp. 11–58, 2007.
J. N. Cabansag, “English language anxiety and reading comprehension performance of college students in a state university,” Res. World, vol. 4, no. 4, p. 20, 2013.
M. Andrade and K. Williams, “Foreign language learning anxiety in Japanese EFL university classes: Physical, emotional, expressive, and verbal reactions,” Sophia Jr. Coll. Fac. J., vol. 29, no. 1, pp. 1–24, 2009.
F. M. Hodgson, “Learning modern languages,” (No Title), 1960.
H. Dalman, “Keterampilan membaca,” Jakarta Raja Graf. Persada, 2013.
T. G. Henry, “Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa,” Bandung: Angkasa, 2008.
D. M. D. Apriliani, I. G. P. A. Pramerta, and N. L. P. D. Sawitri, “ROLE OF VOCABULARY MASTERY IN STUDENTS’READING COMPREHENSION,” J. Santiaji Pendidik., vol. 11, no. 3, 2021.
G. Woolley and G. Woolley, Reading comprehension. Springer, 2011.
D. P. Tampubolon, Kemampuan membaca: teknik membaca efektif dan efisien. Penerbit Angkasa Bandung, 1990.
S. Somadayo, “Strategi dan teknik pembelajaran membaca,” Yogyakarta Graha Ilmu, vol. 28, 2011.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet,” Ke-13, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
J. W. Creswell, Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. pearson, 2015.