FACTORS AFFECTING STUDENTS’ READING ANXIETY IN EFL TEACHING AND LEARNING

Penulis

  • Juamdan Zamha Zamihu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nur Fitra Jusar Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1564

Kata Kunci:

membaca, kecemasan membaca

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan membaca bahasa Inggris siswa kelas XI.I SMA Negeri 4 Pasarwajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan membaca siswa kelas XI.I SMA Negeri 4 Pasarwajo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI.I SMA Negeri 4 Pasarwajo tahun pelajaran 2022/2023. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis oleh peneliti dengan tiga langkah yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi kecemasan membaca siswa kelas XI.I SMA Negeri 4 Pasarwajo. Yaitu Teks yang Sulit Dipahami, takut membuat kesalahan, kurang percaya diri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

REFERENCES

UNICEF, “Child Marriage Progress and Prospects,” 2014.

R. C. Anderson, Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan PublishingCo, Inc., 1972.

K. S. Goodman, “A Psycholinguistic Guessing Game,” Lit. Res. Instr., pp. 126–135, 1967.

Jean Wallace Gillet and Charles A. Temple, Understanding Reading Problems: Assesment and Instruction, 2ND ed. Brown, 1986.

H. and E. R. S. A. j, How to increase reading ability, a guide to development and remedial methods. New York: Longman, 1980.

S. . M. Romas, J. A., A Comprehensive Workbook For Managing Change & Promoting Helt (2Nd), 2Nd ed. Massachusetts: Allyn & Bacon, 2000.

Carducci, The Psychology of Personality 2nd Editionn, 2nd ed. Wiley-Blackwell, 2009.

Suharman, Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi, 2005.

D. . Powell, “Treating individuals with debilitating performance anxiety: An introduction,” JCLP/In Sess., vol. 8, no. 60, pp. 801–808, 2004, [Online]. Available: https://doi.org/10.1002/jclp.20038.

M. Jamaris, Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar (Teori, Diagnosis, dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

H. Y. Saito, J. T. Garza, “Foreign Language Reading Anxiety,” Mod. Lang. J., pp. 202–218, 1999.

Xiaohui Sun and Shaoqian Luo, “A Case Study on Elementary CSL Learners’ Reading Anxiety,” Chinese J. Appl. Linguist., 2018.

Kuru-Gomen, “The Sources of Foreign Language Reading,” 2009.

Cemre Isler & Ozgur Yildirim, “Sources Of Turkish EFL Learners’ Foreign Language Reading Anxiety,” vol. 4, 2017.

Z. A. Murad M. Al-Shboul, Ismail Sheikh, Mohammad Sahari Nordin, “Foreign Languuage Reading Anxiety in a Jordanian EFL Context: A Qualitative Study,” English Lang. Teach., vol. 6, pp. 38–58, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Zamihu, J. Z., & Jusar, N. F. (2024). FACTORS AFFECTING STUDENTS’ READING ANXIETY IN EFL TEACHING AND LEARNING. English Education Journal, 10(1), 24-31. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i1.1564

Terbitan

Bagian

Articles