THE EFFECT OF WRITING ANXIETY ON WRITING PROFICIENCY AT UNIVERSITY STUDENTS

Penulis

  • Rizal Arisman Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1722

Kata Kunci:

menulis, kecemasan, kemampuan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan menulis terhadap kemampuan menulis pada mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eks-pos fakto desain kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian ini adalah 31 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil penelitian memperoleh nilai R sebesar 0,060 yang tergolong kategori rendah. Ini berarti bahwa ada hubungan positif dan sangat rendah antara kecemasan menulis dan kemampuan menulis. Di samping itu, nilai Fhitung sebesar 0,184 dengan nilai signifikan sebesar 0,749. Karena nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel (4,17) dan nilai signifikansi lebih besar dari α (0.05), ini berarti hipotesis nol diterima dan hipotesis alternative ditolak. Sehingga, berdasarkan temuan penelitian dan data analysis, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan berbicara dan kemampuan menulis pada Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Oshima and A. Hogue, Writing Academic English, no. v. 1. in Longman academic writing series. Longman, 1999. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=XNGWQgAACAAJ

M. Sharples, How we write: Writing as creative design. Routledge, 2002.

E. Topuzkanamis, “The effect of teaching writing strategies on Turkish Language Teaching Department freshman students’ writing apprehension/Yazma stratejileri ogretiminin Turkce ogretmenligi birinci sinif ogrencilerinin yazma kaygisina etkisi,” J. Lang. Lit. Educ., no. 13, pp. 97–111, 2015.

N. Sudjana, Penelitian dan penilaian pendidikan. Sinar Baru Algensindo, 2020.

G. E. Mills and L. R. Gay, Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Harlow: Harlow: Pearson Education Limited, 2016.

L. Cohen, L. Manion, and K. Morrison, Research Methods in Education. London: Routledge, 2018.

Y. S. Cheng, “A measure of second language writing anxiety: Scale development and preliminary validation,” J. Second Lang. Writ., vol. 13, no. 4, pp. 313–335, 2004, doi: 10.1016/j.jslw.2004.07.001.

P. D. MacIntyre and R. C. Gardner, “Anxiety and second‐language learning: Toward a theoretical clarification,” Lang. Learn., vol. 39, no. 2, pp. 251–275, 1989.

R. Von Worde, “Students’ Perspectives on Foreign Language Anxiety.,” Inquiry, vol. 8, no. 1, p. n1, 2003.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Arisman, R. (2024). THE EFFECT OF WRITING ANXIETY ON WRITING PROFICIENCY AT UNIVERSITY STUDENTS. English Education Journal, 10(2), 60-65. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1722

Terbitan

Bagian

Articles