AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS’ BASIC TEACHING SKILLS AT SMP NEGERI 8 BUTON REGENCY

Penulis

  • La Mido Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1723

Kata Kunci:

Dasar, Pengajaran skill, Guru Bahasa Inggris

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan dasar mengajar guru bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Kabupaten Buton. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi dan tambahan wawasan mengenai keterampilan dasar mengajar dan bagaimana penerapannya dalam pengajaran bahasa Inggris, memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam penerapan keterampilan mengajar dalam mengajar. Subjeknya adalah guru bahasa Inggris yang mempunyai kemampuan dasar mengajar yang baik dalam mengajar sehingga untuk mendapat karakteristik  subyek tersebut peneliti memilih guru bahasa Inggris senior di SMP Negeri 8 Kabupaten Buton.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga “human instrumen” sebagai instrumen kunci. Artinya peneliti sendirilah yang menjadi instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan wawancara. Observasi partisipan dan wawancara semi-terstruktur digunakan dalam mengumpulkan data tentang keterampilan mengajar guru bahasa Inggris. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua keterampilan dasar mengajar yang diamati dan diwawancarai; yakni membuka pelajaran dan menutup pelajaran. Dalam pembukaan pembelajaran, keterampilan yang diamati dan diwawancarai adalah keterampilan menarik perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa, memberikan acuan dalam memulai kegiatan pembelajaran, dan keterampilan membuat koneksi antara materi sebelum dan materi yang akan segera disampaikan. Sedangkan dalam keterampilan menutup pembelajaran keterampilan yang diamati dan diwawancarai adalah keterampilan mereview pembelajaran yang telah dilakukan, keterampilan mengevaluasi pembelajaran dan keterampilan memberikan dorongan psikologis atau sosial kepada siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Diah Anita. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Mikro. J Pendidik. 2015;3(4).

Safitri Eka. Teachers Teaching Skills and Student Learning Motivation as a Determinant of the Learning Outcomes. J Pendidik Manaj Perkantoran. 2016;1(1):152–62.

Ramli. Hasil Belajar Bahasa Inggris Dan Keterampilan Guru Dalam Mengajar. J Ilm Didakt. 2011;12(1):68–85.

Setiyadi. TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2020. 168 p.

Arqan Madjib. Kompetensi Professional Guru Keterampilan Dasar Mengajar. IAIN pare-pare J pergurua. 2019;1(1).

Siti Dewi Maharani. Strategi Pembelajaran Think Taye Warited Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Inov Sekol Dasar. 2016;3(1):40–7.

Sophuan. Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Smp Mata Pelajaran Ipa Dalam Menerapkan Pendekatan Sainfisik. Widyaiswara LPMP Provinsi Sumatra Selatan. 2018;4(2).

Aina Mulyana. Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Keterampilan Mengajar. 2016;

Nugrahani F. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books; 2014.

Damanik R. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: Umsupress; 2021.

Merriam S. Qualitative Research and Case Study Application in Education. San Franscisco: Jossey-Bass Publishers.; 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,; 2013.

Armayanti. Keterampilan Guru dalam Melakuka Kegiatan Membuka dan Menutup Pembelajaran di SD Negeri 03 Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Universitas Bengkulu; 2014.

Khakiim. Pelaksanaan membuka dan menutup pelajaran oleh guru kelas 1 sekolah dasar. J Pendidik. 2016;

Oktaviani. Analisis keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran matematika SD Negeri 192 Pekanbaru. J PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2019;3(1):46–52.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Mido, L. . (2024). AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS’ BASIC TEACHING SKILLS AT SMP NEGERI 8 BUTON REGENCY. English Education Journal, 10(2), 66-74. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1723

Terbitan

Bagian

Articles