THE RELATIONSHIP OF READING ANXIETY TOWARD READING STRATEGY ON GRADE EIGHT STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BAUBAU

Penulis

  • Irawan Irawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1724

Kata Kunci:

kecemasan membaca, strategi membaca

Abstrak

Rumusan masalah Penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan dan positif dari kecemasan membaca terhadap strategi membaca pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Baubau. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kecemasan membaca terhadap strategi membaca pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner guna mengetahui jenis-jenis kecemasan membaca dan kategori strategi membaca siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan dan positif antara kecemasan membaca siswa dan strategi membaca siswa. Kesimpulan ini didasarkan pada analisis statistik, dimana niai F hitung sebesar 0,004 dengan nilai signifikansi sebesar 0,949. Karena nilai F hitung lebih besar dsn nilai F tabel serta nilai signifikansi lebih besar dari ɑ (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatiff ditolak

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. L. Oxford, “Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Newburg House/Harper & Row, New York. Now Boston: Heinle & Heinle,” 1990.

J. M. O’Malley, A. U. Chamot, G. Stewner‐Manzanares, L. Kupper, and R. P. Russo, “Learning strategies used by beginning and intermediate ESL students,” Lang. Learn., vol. 35, no. 1, pp. 21–46, 1985.

J. Arnold and H. D. Brown, “1 A map of the terrain,” Affect Lang. Learn., p. 1, 1999.

G. P. Brown, M. G. Craske, P. Tata, Y. Rassovsky, and J. C. I. Tsao, “The Anxiety Attitude and Belief Scale: initial psychometric properties in an undergraduate sample,” Clin. Psychol. Psychother. An Int. J. Theory Pract., vol. 7, no. 3, pp. 230–239, 2000.

J. Zbornik, “Reading anxiety manifests itself emotionally, intellectually,” Today’s Sch. Psychol., 2001.

Y. Saito, T. J. Garza, and E. K. Horwitz, “Foreign language reading anxiety,” Mod. Lang. J., vol. 83, no. 2, pp. 202–218, 1999.

W. D. Guimba and J. C. Alico, “Reading anxiety and comprehension of Grade 8 Filipino learners,” Int. J. Humanit. Soc. Sci., vol. 8, no. 3, pp. 44–59, 2016.

S. L VIDEBECK, “Psychiatric Mental Health Nursing: FIFTHEDITION.” Wolters Kluwer Health, 2011.

I. Swift, Paul; Cyhlarova, Eva; Goldie, Mental Health Service. London: Mental Health Fondation, 2014.

C. Creswell, P. Waite, and P. J. Cooper, “Assessment and management of anxiety disorders in children and adolescents,” Arch. Dis. Child., vol. 99, no. 7, pp. 674–678, 2014.

N. J. Anderson, “Individual differences in strategy use in second language reading and testing,” Mod. Lang. J., vol. 75, no. 4, pp. 460–472, 1991.

A. U. Chamot and J. M. O’Malley, Learning strategies in second language acquisition. New York: Cambridge University Press, 1990.

A. Setiyadi, “Language Learning Strategy Questionnaire (LLSQ) A Measurement to Identify Students’ Learning Strategies and Prepare the Success of Learning English in the Indonesian Context (Empirical Evidence),” 2016.

R. L. Oxford, “Styles, strategies, and aptitude: Connections for language learning,” Doc. RESUME, p. 73, 1990.

B. F. Jones, Strategic teaching and learning: Cognitive instruction in the content areas. ERIC, 1987.

A. Wenden, “Learner strategies for learner autonomy.” London: Prentice Hall, 1991.

Z. Lu and M. Liu, “An investigation of Chinese university EFL learner’s foreign language reading anxiety, reading strategy use and reading comprehension performance,” 2015.

M. W. Eysenck, N. Derakshan, R. Santos, and M. G. Calvo, “Anxiety and cognitive performance: attentional control theory.,” Emotion, vol. 7, no. 2, p. 336, 2007.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Irawan, I. (2024). THE RELATIONSHIP OF READING ANXIETY TOWARD READING STRATEGY ON GRADE EIGHT STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BAUBAU . English Education Journal, 10(2), 75-83. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1724

Terbitan

Bagian

Articles