THE RELATIONSHIP OF READING ANXIETY TOWARD READING STRATEGY ON GRADE EIGHT STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1724Kata Kunci:
kecemasan membaca, strategi membacaAbstrak
Rumusan masalah Penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan dan positif dari kecemasan membaca terhadap strategi membaca pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Baubau. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kecemasan membaca terhadap strategi membaca pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner guna mengetahui jenis-jenis kecemasan membaca dan kategori strategi membaca siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan dan positif antara kecemasan membaca siswa dan strategi membaca siswa. Kesimpulan ini didasarkan pada analisis statistik, dimana niai F hitung sebesar 0,004 dengan nilai signifikansi sebesar 0,949. Karena nilai F hitung lebih besar dsn nilai F tabel serta nilai signifikansi lebih besar dari ɑ (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatiff ditolak
Unduhan
Referensi
R. L. Oxford, “Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Newburg House/Harper & Row, New York. Now Boston: Heinle & Heinle,” 1990.
J. M. O’Malley, A. U. Chamot, G. Stewner‐Manzanares, L. Kupper, and R. P. Russo, “Learning strategies used by beginning and intermediate ESL students,” Lang. Learn., vol. 35, no. 1, pp. 21–46, 1985.
J. Arnold and H. D. Brown, “1 A map of the terrain,” Affect Lang. Learn., p. 1, 1999.
G. P. Brown, M. G. Craske, P. Tata, Y. Rassovsky, and J. C. I. Tsao, “The Anxiety Attitude and Belief Scale: initial psychometric properties in an undergraduate sample,” Clin. Psychol. Psychother. An Int. J. Theory Pract., vol. 7, no. 3, pp. 230–239, 2000.
J. Zbornik, “Reading anxiety manifests itself emotionally, intellectually,” Today’s Sch. Psychol., 2001.
Y. Saito, T. J. Garza, and E. K. Horwitz, “Foreign language reading anxiety,” Mod. Lang. J., vol. 83, no. 2, pp. 202–218, 1999.
W. D. Guimba and J. C. Alico, “Reading anxiety and comprehension of Grade 8 Filipino learners,” Int. J. Humanit. Soc. Sci., vol. 8, no. 3, pp. 44–59, 2016.
S. L VIDEBECK, “Psychiatric Mental Health Nursing: FIFTHEDITION.” Wolters Kluwer Health, 2011.
I. Swift, Paul; Cyhlarova, Eva; Goldie, Mental Health Service. London: Mental Health Fondation, 2014.
C. Creswell, P. Waite, and P. J. Cooper, “Assessment and management of anxiety disorders in children and adolescents,” Arch. Dis. Child., vol. 99, no. 7, pp. 674–678, 2014.
N. J. Anderson, “Individual differences in strategy use in second language reading and testing,” Mod. Lang. J., vol. 75, no. 4, pp. 460–472, 1991.
A. U. Chamot and J. M. O’Malley, Learning strategies in second language acquisition. New York: Cambridge University Press, 1990.
A. Setiyadi, “Language Learning Strategy Questionnaire (LLSQ) A Measurement to Identify Students’ Learning Strategies and Prepare the Success of Learning English in the Indonesian Context (Empirical Evidence),” 2016.
R. L. Oxford, “Styles, strategies, and aptitude: Connections for language learning,” Doc. RESUME, p. 73, 1990.
B. F. Jones, Strategic teaching and learning: Cognitive instruction in the content areas. ERIC, 1987.
A. Wenden, “Learner strategies for learner autonomy.” London: Prentice Hall, 1991.
Z. Lu and M. Liu, “An investigation of Chinese university EFL learner’s foreign language reading anxiety, reading strategy use and reading comprehension performance,” 2015.
M. W. Eysenck, N. Derakshan, R. Santos, and M. G. Calvo, “Anxiety and cognitive performance: attentional control theory.,” Emotion, vol. 7, no. 2, p. 336, 2007.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 English Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.