THE EFFECT OF TEACHING STYLE ON STUDENTS’ ENGLISH PROFICIENCY AT SMA NEGERI 5 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1725Kata Kunci:
gaya mengajar, kemampuan Bahasa inggrisAbstrak
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 5 Baubau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 5 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas SMA Negeri 5 Baubau yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu 50 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Baubau. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F count adalah 0,050 dengan nilai signifikan sebesar 0,825. Karena nilai F count lebih kecil dari F tabel dan nilai signifikan lebih besar dari α (0,05). Ini berarti bahwa tidak ada pengaruh positif dan signifikan dari gaya mengajar terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 5 Baubau.
Unduhan
Referensi
K. Kunasaraphan, “English learning strategy and proficiency level of the first year students,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 197, pp. 1853–1858, 2015.
E. EPI, “Indeks Kecakapan Bahasa Inggris,” 2017. [Online]. Available: http://www.ef.co.id/epi/.
M. W. Ngware, M. Oketch, and M. Mutisya, “Does teaching style explain differences in learner achievement in low and high performing schools in Kenya?,” Int. J. Educ. Dev., vol. 36, pp. 3–12, 2014.
R. M. Felder and E. R. Henriques, “Learning and teaching styles in foreign and second language education,” Foreign Lang. Ann., vol. 28, no. 1, pp. 21–31, 1995.
A. F. Grasha, “Teaching with style: A practical guide to enhancing learning by understanding teaching and learning styles.” Alliance Publishers, 1996.
P. Jarvis, “Teaching styles and teaching methods,” in The theory and practice of teaching, Routledge, 2006, pp. 28–38.
V. Frunză, “Implications of teaching styles on learning efficiency,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 127, pp. 342–346, 2014.
Z. Dörnyei, “Group dynamics in the language classroom.” Cambridge University Press, 2003.
Y. Saito, T. J. Garza, and E. K. Horwitz, “Foreign language reading anxiety,” Mod. Lang. J., vol. 83, no. 2, pp. 202–218, 1999.
J. C. Richards, Communicative language teaching today. SEAMEO Regional Language Centre Singapore, 2005.
J. C. Richards, J. C. Richards, and W. A. Renandya, Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press, 2002.
A. S. Shaari, N. M. Yusoff, I. M. Ghazali, R. H. Osman, and N. F. M. Dzahir, “The relationship between lecturers’ teaching style and students’ academic engagement,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 118, pp. 10–20, 2014.
B. Mergel, “Instructional design and learning theory.” Citeseer, 1998.