SECONDARY ENGLISH LANGUAGE TEACHER’S PERCEPTIONS OF STUDENTS DIFFICULTIES IN LEARNING VOCABULARY FACED BY INDONESIAN EFL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1728Kata Kunci:
EFL, Kesulitan Pembelajaran, KosakataAbstrak
Banyak siswa EFL (English as a Foreign Language) menyadari pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Namun, banyak dari mereka yang belum berhasil dalam mempelajari kosakata. Kosakata merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam belajar bahasa Inggris. Mengapa siswa kesulitan dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris? Upaya apa yang perlu mereka lakukan untuk mengatasi masalah dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesulitan-kesulitan yang menghambat siswa EFL di sekolah menengah dalam menguasai kosakata bahasa Inggris berdasarkan persepsi guru bahasa Inggris sekolah menengah. Responden dalam penelitian ini adalah empat guru mata pelajaran bahasa Inggris yang mengajar di SMP N 1 Buton. Para guru bahasa Inggris dipilih sebagai responden karena mereka memiliki wawasan yang paling mendalam mengenai kinerja siswa mereka dan kesulitan yang mereka hadapi dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Kuesioner yang digunakan sebagai alat penelitian utama digunakan untuk mengumpulkan data mengenai persepsi guru EFL mengenai kesulitan yang dihadapi oleh siswa EFL mereka dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris, serta upaya yang harus dilakukan oleh guru EFL dalam mengajarkan pembelajaran kosakata secara efektif kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dihadapi siswa dalam mempelajari kosakata terkait dengan kurangnya motivasi siswa, keterbatasan bahan ajar, kurangnya paparan bahasa Inggris, dan fasilitas pembelajaran yang tidak memadai. Mengenai upaya guru EFL dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa dilakukan dengan pendekatan variasi pembelajaran interaktif menggunakan bantuan media pembelajaran digital yang disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa adalah masalah utama bagi siswa EFL, dengan bahan ajar dan paparan bahasa Inggris juga menunjukkan faktor lain yang menghambat mereka dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan bahwa strategi pengajaran dan pembelajaran baru harus diperkenalkan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris.
Unduhan
Referensi
J. Mistar, “Teaching English as a foreign language (TEFL) in Indonesia,” in Teaching English to the world, Routledge, 2014, pp. 71–80.
R. A. Arifin and A. Faridi, “The Studentsâ€TM Perception And Achievement Of English Reading Comprehension Using Cognitive Language Learning Strategy,” English Educ. J., vol. 7, no. 2, pp. 142–151, 2017.
M. A. G. Hassankiadeh, “Power of Sentences in Foreign Language Classes,” Interna-tional J. Eval. Res. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 60–68, 2013.
T. Setianingsih, M. Rosihan, and S. Pardani, “The use of mind mapping to improve motivation in learning vocabulary of second grade students at MTs NW Mispalah Praya,” J. Lang. Lang. Teach., vol. 6, no. 2, pp. 125–133, 2019.
D. Van Vu and E. Peters, “Vocabulary in English language learning, teaching, and testing in Vietnam: A review,” Educ. Sci., vol. 11, no. 9, p. 563, 2021.
O. Pradina and L. Listyani, “Vocabulary mastery strategies used by Indonesian extensive reading learners,” Prominent, vol. 4, no. 1, pp. 1–18, 2021.
R. N. Haryadi, J. Endah, and L. Dalimunthe, “THE EFFECTS OF VOCABULARY AND GRAMMAR MASTERY ON STUDENTS’WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT (Surveys at Private Junior High Schools in Serang Banten),” JLE J. Lit. English Educ. Study Progr., vol. 2, no. 02, pp. 46–54, 2021.
G. Keraf, “Diksi dan gaya bahasa [Diction and language style],” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
D. Rahmawati, “Improving Students’ Vocabulary Mastery through Jigsaw Techniques in 21st Century,” J. Educ. Study, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2021.
J. J. Pikulski and S. Templeton, “Teaching and developing vocabulary: Key to long-term reading success,” Curr. Res. reading/language arts, vol. 1, p. 12, 2004.
J. S. Decarrico, “Vocabulary learning and teaching,” Teach. English as a Second or foreign Lang., vol. 3, 2001.
D. Andriani and V. Sriwahyuningsih, “An Analysis of Students’ Mastery of Vocabulary,” ELT-Lectura, vol. 6, no. 2, pp. 169–176, 2019.
O. Kieran, “Electronic deconstruction,” Int. J. Corpus Linguist., vol. 17, no. 1, pp. 91–124, 2012.
A. N. Iftitah, A. G. Marzuki, and A. Kuliahana, “Developing vocabulary mastery through guessing words game for the seventh grade students of SMP Negeri 10 palu,” Datokarama English Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 19–37, 2020.
A. R. Amalia, “Improving Students Vocabulary Mastery through Guess My Move Game.,” Acuity J. English Lang. Pedagog. Lit. Cult., vol. 5, no. 2, pp. 109–122, 2020.
S. Dakhi and T. N. Fitria, “The principles and the teaching of English vocabulary: A review,” J. English Teach., vol. 5, no. 1, 2019.
D. N. Aprilani, “Students’ Perception in Learning English Vocabulary through Quizlet.,” J. English Teach., vol. 7, no. 3, pp. 343–353, 2021.
M. S. Marpaung and H. J. P. Situmeang, “Enhancing Students’ Vocabulary through Authentic Materials and Multimedia.,” Acuity J. English Lang. Pedagog. Lit. Cult., vol. 5, no. 2, pp. 85–101, 2020.
N. Nurhalimah, R. Romdanih, and N. Nurhasanah, “Upaya Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 2020, pp. 72–78.
R. Roinah, “Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Stain Bengkalis,” Quality, vol. 7, no. 1, 2019.
D. Darsiana, “Upaya meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui metode demontrasi siswa kelas III SD Negeri 157 Pekanbaru,” J. PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), vol. 2, no. 2, pp. 202–207, 2018.
S. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D [Quantitative, qualitative and R&D],” PT Alf. Danandjadja, 2016.
E. P. Widoyoko, “Evaluasi dalam Pembelajaran,” Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
A. Mackey and S. M. Gass, Research methods in second language acquisition: A practical guide, vol. 7. John Wiley & Sons, 2011.
B. Nurgiyantoro, “Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra,” (No Title), 2001.
Z. Zulfitri and N. Nurlaili, “Sebuah Analisa Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Umn Al–Washliyah Medan, Tahun Pelajaran 2019-2020 (Analisa Studi Psycholinguistics),” in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 2020, vol. 3, no. 1, pp. 580–589.
A. Arsyad, “Media pembelajaran [Instructional media],” Jakarta Raja Graf. Persada, 2006.
R. Wardhaugh and J. M. Fuller, An introduction to sociolinguistics. John Wiley & Sons, 2021.