EXPLORING TEACHERS' PERSPECTIVES ON STUDENT MOTIVATION IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT MTsN 4 BUTON SELATAN

Penulis

  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Waode Hanafiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Adu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sanaria Maneba Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1732

Kata Kunci:

Pembelajaran bahasa Inggris, motivasi siswa, perspektif guru, strategi pengajaran

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi perspektif guru tentang strategi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di MTsN 4 Buton Selatan. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan seperti kepasifan siswa dan keterbatasan kosakata, yang menghambat keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, data dikumpulkan dari tiga guru melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan perangkat lunak NVivo. Temuan menyoroti bahwa motivasi intrinsik, yang didorong oleh rasa ingin tahu dan minat pribadi, serta motivasi ekstrinsik, yang dipengaruhi oleh keluarga, teman sebaya, dan lingkungan, sangat penting untuk menumbuhkan keterlibatan belajar. Para guru menggunakan strategi seperti menciptakan lingkungan kelas yang mendukung, memberikan tugas-tugas yang bermakna, memberikan pujian, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk mengatasi hambatan motivasi. Pendekatan-pendekatan ini sangat penting dalam meningkatkan kemauan siswa untuk berpartisipasi dan berhasil. Penelitian ini menyimpulkan dengan menekankan pentingnya metode pengajaran yang holistik dan adaptif untuk menyeimbangkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk pembelajaran yang efektif. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada dampak jangka panjang dari strategi motivasi dan pengaruh sosiokultural terhadap penguasaan bahasa Inggris

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Crystal, English as a Global Language (3rd ed.). Cambridge University Press, 2020.

R. C. Gardner, Social Psychology and Second Language Learning: The Role of Attitudes and Motivation. London: Edward Arnold, 1985.

Z. Dörnyei, Motivational Strategies in the Language Classroom. Cambridge: Cambridge University Press, 2001.

E. L. Ryan, R. M., & Deci, “Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being,” Am. Psychol., vol. 55, no. 1, hal. 68–78, 2000.

J. Harmer, The Practice of English Language Teaching. Harlow: Pearson Education Limited, 2007.

R. L. Williams, M., & Burden, Psychology for Language Teachers: A Social Constructivist Approach. Cambridge: Cambridge University Press., 1997.

H. D. Brown, Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education, Inc., 2007.

K. Selvi., “Phenomenological approach in education, in Education in human creative existential planning,” in Springer: Dordrecht, 2008, hal. 39–51.

and P. N. S. C. Baker., J. Wuest, “Method slurring: the grounded theory/phenomenology example,” J. Adv. Nurs., vol. 17, no. 11, hal. 1355–1360, 1992.

L. S. Vygotsky, Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press, 1978.

R. Ellis, Understanding Second Language Acquisition. Oxford University Press, 2020.

I. S. P. Nation, Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press., 2022.

T. Dörnyei, Z., & Murphey, Group Dynamics in the Language Classroom. Cambridge University Press., 2019.

H. D. Brown, Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Pearson Education., 2022.

P. Ur, A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge University Press., 2022.

S. M. Brookhart, How to Give Effective Feedback to Your Students. ASCD., 2017.

Z. Dörnyei, Motivational Strategies in the Language Classroom. Cambridge University Press., 2020.

et al. Hill, N. E., “Parent Involvement in Education: Supporting Cognitive and Social-Emotional Development,” Annual Review of Psychology. hal. 23–50, 2021.

K. Wentzel, K. R., & Muenks, “Peer Relationships and Academic Motivation,” Educ. Psychol. Rev., vol. 34, no. 1, hal. 153–175, 2022.

R. M. Deci, E. L., & Ryan, Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer, 2017.

A. Bandura, Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman., 2018.

J. L. Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Syafitri, N., Hanafiah, W. ., Adu, B., & Maneba, S. . (2024). EXPLORING TEACHERS’ PERSPECTIVES ON STUDENT MOTIVATION IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT MTsN 4 BUTON SELATAN. English Education Journal, 10(2), 111-121. https://doi.org/10.55340/e2j.v10i2.1732

Terbitan

Bagian

Articles