THE EFFECT OF USING PICTURES SERIES ON STUDENTS’ WRITING PARAGRAPH AT SMAN 2 LAKUDO
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v11i1.1861Kata Kunci:
Efek, gambar berseri, Siswa, Menulis Paragrap, Kemampuan Menulis.Abstrak
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: " Apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang mendapatkan rangkaian gambar dengan kelompok siswa yang tidak mendapatkan rangkaian gambar dalam pembelajaran writing?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dalam menulis paragraf antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan rangkaian gambar dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan rangkaian gambar.
Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan menggunakan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di SMAN 2 Lakudo yang terdiri dari enam kelas dengan total 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang masing-masing terdiri dari 25 siswa, yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.
Instrumen dalam penelitian ini adalah tes subjektif berupa tugas menulis paragraf. Prosedur pengumpulan data menggunakan pretest, posttest, dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 13.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan rangkaian gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis paragraf siswa antara kelompok yang diajar menggunakan rangkaian gambar dan kelompok yang diajar tanpa menggunakan rangkaian gambar.
Dalam penelitian ini, kelas eksperimen (yang mendapatkan perlakuan berupa penggunaan gambar) menunjukkan hasil yang lebih baik dalam memahami dan menulis paragraf dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata dan hasil analisis menggunakan analisis ANOVA.
Unduhan
Referensi
REFERENCES
(1) Grenville & K. Writing from start to finish: A six-step guide. Australia: Allen & Unwin.: Australia: Allen & Unwin.; 2012.
(2) Harmer & Jeremy. How to teach writing. Longman: Longman; 2004.
(3) Knapp, P., Watkins M. Technologies for teaching and Assessing Writing Sydney. University of South Wales: University of South Wales; 2005.
(4) Zemach, D. E. and Rumisek LA. Academic Writing From Paragraph To Essay. London: Macmillan Publishers.: London: Macmillan Publishers.; 2005.
(5) Nunan D. Practical English Language Teaching (1sted). Singapore: McGrawHill: Singapore: McGrawHill; 2003.
(6) Hayland K. Second Language Writing. Cambridge, UK. Cambridge University Press: Cambridge University Press; 2003.
(7) Patel, Dr. M. E and Jain, P M. English Language Teaching. Sunrise Publisher & Distributors.: Sunrise Publisher & Distributors.; 2008.
(8) Smaldino et al. Instructional of research methodology and statistics. New Delhi. New Delhi: New Age International (P) Limited.: New Delhi: New Age International (P) Limited.; 2005.
(9) Wright A. Picture for Language Learning. New York: Cambridge University Press.: New York: Cambridge University Press.; 2004.
(10) Arsyad A. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.: Jakarta: Raja Grafindo Persada.; 2015.
(11) Gay, L. R et al. Educational Research. London: Longman Pearson Education; 2006.
(12) Mulida. Media pendidikan sebagai bahan mengajar. Cipta Adiya Bakti: Cipta Adiya Bakti; 2002.
(13) Edmudo. The correlation of using strategy on improving witing skillI. Unpublish Thesis Semarang; 1988.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 English Education Journal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.