CULTURAL EXPRESSIONS IN PARENTING: FIGURATIVE LANGUAGE IN THE CIA-CIA LANGUAGE FOR EDUCATING CHILDREN IN WABULA DISTRICT
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v11i1.1862Kata Kunci:
bahasa kiasan, ekspresi budaya, bahasa Cia-Cia, pengasuhan anak, perkembangan kognitif, pendidikan berbasis bahasa daerahAbstrak
Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi peran ekspresi budaya, khususnya bahasa kiasan dalam bahasa Cia-Cia, yang digunakan oleh orang tua untuk mendidik anak-anak mereka di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) jenis-jenis bahasa kiasan yang tertanam dalam komunikasi sehari-hari antara orang tua dan anak, serta (2) pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak. Data diperoleh melalui observasi naturalistik dan wawancara semi-terstruktur dengan empat orang tua yang secara aktif menggunakan bahasa Cia-Cia dalam interaksi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simile, hiperbola, idiom, dan personifikasi merupakan bentuk bahasa kiasan yang sering digunakan seringkali tanpa disadari untuk menyampaikan nilai-nilai, emosi, dan konsep abstrak. Ungkapan-ungkapan ini tidak hanya memperkaya input linguistik anak, tetapi juga mendorong imajinasi, berpikir kritis, serta internalisasi norma budaya. Studi ini menyoroti potensi pendidikan dari ekspresi lokal dalam mendukung pertumbuhan kognitif dan identitas budaya. Peningkatan kesadaran orang tua terhadap nilai pedagogis bahasa kiasan lokal dapat memperkuat praktik pengasuhan yang lebih sadar dan kontekstual.
Unduhan
Referensi
L. Cameron, Metaphor and Talk in Educational Discourse. London: Bloomsbury Publishing, 2020.
K. Chris, “Ulrich J. Frey, Charlotte Störmer & Kai P. Willführ (Eds.), The Origins of Symbolic Culture,” in Homo Novus: A Human Without Illusion, Berlin/New York: Springer, 2010, pp. 193–211.
K. Chris, “Puzzles and mysteries in the origin of language,” Language and Communication, vol. 50, pp. 12–21, 2016. [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.langcom.2016.09.002
F. L. Cole, “Content analysis: Process and application,” Clinical Nurse Specialist, vol. 2, no. 1, pp. 53–57, 1988.
B. Dancygier and E. Sweetser, Figurative Language. Cambridge: Cambridge University Press, 2014.
R. W. Gibbs, Embodiment and Cognitive Science. Cambridge: Cambridge University Press, 2006.
S. Glucksberg, Understanding Figurative Language: From Metaphors to Idioms. Oxford: Oxford University Press, 2001.
A. S. Hornby, Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, 6th ed. Oxford: Oxford University Press, 2000.
C. Knight, “Language co-evolved with the rule of law,” in The Evolution of Language: Proceedings of the 6th International Conference (EVOLANG6), Rome, Italy, 12–15 April 2006, A. Cangelosi, A. D. M. Smith, and K. Smith, Eds. New Jersey: World Scientific Publishing, 2006, pp. 168–175.
K. Krippendorff, Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. London: Sage, 1980.
G. Lakoff and M. Johnson, Metaphors We Live By, 2nd ed. Chicago, IL: University of Chicago Press, 2003.
Y. S. Lincoln and E. G. Guba, Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, CA: Sage Publications, 1985.
M. B. Miles and A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 2nd ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 1994.
M. L. Rowe and A. Weisleder, “Language development in early childhood: Research and practice,” Annual Review of Applied Linguistics, vol. 40, pp. 77–94, 2020.
M. Sandelowski, “Whatever happened to qualitative description?,” Research in Nursing & Health, vol. 23, no. 4, pp. 334–340, 2000.
M. Tomasello, Becoming Human: A Theory of Ontogeny. Cambridge, MA: Harvard University Press, 2019.
UNESCO, “Intangible cultural heritage and indigenous languages,” 2022. [Online]. Available: https://ich.unesco.org
L. S. Vygotsky, Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press, 1978.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 English Education Journal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.