THE USE OF LANGUAGE LEARNING STRATEGIES TOWARDS STUDENTS’ ENGLISH ACADEMIC ACHIEVEMENT AT SMA NEGERI 1 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v6i1.283Kata Kunci:
prestasi akademik, pembelajar bahasa Inggris, strategi pembelajaran bahasaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana strategi belajar bahasa inggris yang digunakan oleh siswa berdampak pada pencapaian akademiknya. Instrumen penelitian terdi atas achievemnt test dan wawancara. Tujuan dari penggunaan instrumen achievement test adalah untuk mengetahui pencapaian akademik bahasa Inggris siswa pada tahun akademik 2019/2020 sedangkan untuk instrumen wawancara digunakan untuk mengetahui strategi belajar bahasa Inggis yang digunakan oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 45% dari varian nilai akademik Bahasa Inggris siswa kelas IPA dapat dijelaskan oleh penggunaaan strtegi belajar yang digunakan oleh siswa sementara itu ditemukan 57% dari varian nilai akademik Bahasa Inggris siswa kelas IPA 2 dapat di jabarkan dari penggunaan strategi belajar bahasa Inggris.
Unduhan
Referensi
R. L. Oxford, Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know, New York: Newbury House, 1990.
T. e. al, language learning strategies and motivation among religious secondary school students, The International Journal of Language Society and Culture, 2003.
M. A. Jhaish, The Relationship among Learning Styles, Language Learning Strategies, and the Academic Achievement among the English Majors at Al-Aqsa University, al Aqsa: The Islamic University Deanery of Graduate Studies College of Education English Methods Department , 2009.
A. &. S. Sariçoban, THE EFFECT OF THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING AND TEACHING STRATEGIES ON ACADEMIC ACHIEVEMENT, Novitas-ROYAL. Vol.: 2 (2), 162-175., 2008.
J. a. C. O'Malley, Learning Strategies in Second LanguageAcquisition, Cambridge: Cambridge University Press, 1990.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 English Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.