STUDENTS’ SELF CONFIDENCE IN SPEAKING ENGLISH

Penulis

  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asti Wahyuni B Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nurhaeni Nurhaeni Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v6i1.284

Kata Kunci:

kepercayaan diri siswa, berbicara bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kurangnya kepercayaan diri siswa dalam berbahasa Inggris. Hal ini juga bertujuan untuk mempresentasikan strategi yang mungkin digunakan untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 BauBau. Penelitian ini difokuskan untuk memperoleh data dari guru bahasa Inggris dan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Baubau tahun pelajaran 2018/2019 sebagai subjek penelitian. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang percaya diri adalah kecemasan, rasa malu, takut salah, dan kurangnya perbendaharaan kata. Sementara itu, strategi yang mungkin dilakukan untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris adalah dengan menurunkan kecemasan siswa di dalam kelas, meningkatkan kosa kata siswa, meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan membentuk diskusi kelompok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Juhana, ““Psychological Factors That Hinder Students from Speaking in English Class (A Case Study in a Senior High School in South Tangerang, Banten, Indonesia,” J. Educ. Pract., vol. 3, 2012.

J. F. Jones, “A cultural context for language anxiety,” English Aust. J., vol. 21, no. 2, p. 30, 2004.

P. Doyon, “Shyness in the Japanese EFL class: Why it is a problem, what it is, what causes it, and what to do about it,” Lang. Teach., vol. 24, no. 1, pp. 11–16, 2000.

A. Kurniawati, “Improving The Self-Confidence In Speaking Practice By Using Role-Play Technique For The Eight Grade Students Of Smp Muhammadyah 3 Yogyakarta.” YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY, 2013.

M. Jamila, “Lack of Confidence--A Psychological Factor Affecting Spoken English of University Level Adult Learners in Bangladesh.,” Lang. India, vol. 14, no. 10, 2014.

S. M. Al-Hebaish and S. Mohammad, “The correlation between general self-confidence and academic achievement in the oral presentation course,” 2012.

K. Ohata, “Language anxiety from the teacher’s perspective: Interviews with seven experienced ESL/EFL teachers,” J. Lang. Learn., vol. 3, no. 1, pp. 133–155, 2005.

Sugiyono, No TitleMetode Penelitian Pendidikan. 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-15

Cara Mengutip

Nety, N., Wahyuni B, A., & Nurhaeni, N. (2020). STUDENTS’ SELF CONFIDENCE IN SPEAKING ENGLISH. English Education Journal, 6(1), 8-16. https://doi.org/10.55340/e2j.v6i1.284

Terbitan

Bagian

Articles