USING STORY TELLING TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT CLASS VIII OF SMP NEGERI 3 LASALIMU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v6i1.289Kata Kunci:
cerita daerah, SMP Negeri 3 Lasalimu, kosakataAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasalimu melalui cerita daerah. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 14 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest diperoleh nilai rata-rata yaitu 43,21 dan posttest diperoleh nilai rata-rata 66,07%; 2) berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu penggunaan cerita rakyat daerah memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Lasalimu tahun ajaran 2018/2019.
Unduhan
Referensi
S. . Krashen, “Stephen Krashen Acquisition vs. learning,” Education, 1981.
A. S. Hornby, Oxford Advanced Learner“ s Dictionary ( International Student”s Edition ). 2000.
M. ALQAHTANI, “The importance of vocabulary in language learning and how to be taught,” Int. J. Teach. Educ., vol. III, no. 3, pp. 21–34, 2015, doi: 10.20472/te.2015.3.3.002.
D. J. Galloway and E. K. Taylor, “Using Folktales,” Slav. East Eur. J., vol. 46, no. 1, p. 223, 2002, doi: 10.2307/3086277.
S. J. Mourao, “The Primary English Teacher’s Guide,” ELT J., vol. 57, no. 4, pp. 411–413, 2003, doi: 10.1093/elt/57.4.411.
S. Thornbury and T. Scott, How to Teach Speaking - Scott Thornbury, vol. 3, no. 2. 2012.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.,” Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif dan R D.BandungAlfabeta., 2012, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 English Education Journal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.