THE CORRELATION BETWEEN TEACHERS’ PROFESSIONALISM AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT AT SMP NEGERI 2 WABULA
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v6i2.360Kata Kunci:
prestasi belajar siswa, profesionalisme guruAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi antara profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Wabula dengan jumlah sampel penelitian yaitu 24 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tingkat signifikansi, nilai rhitung yaitu 0.784 dan rtabel yaitu 0,433 artinya bahwa lebih dari rtabel, rhitung lebih dari rtabel, ini memperlihatkan ada korelasi signifikan antara profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 2 Wabula. Juga koefisien determinasi yaitu 0,614. artinya kontribusi profesionalisme guru bagi prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 2 Wabula yaitu 61,4%, sementara sisanya yaitu 39,6% oleh faktor lain. Kemudian, korelasi antara profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 2 Wabula yaitu 0,784, artinya korelasi yang kuat karena berada di rentang nilai 0,600-0,799.
Unduhan
Referensi
W. Cipto, “Teacher Professionalism: Analysis of Professionalism Phases.,” Int. al Educ. Stud., vol. Vol.10 No., 2017.
T. Hasan, “Teacher Professionalism and Development Practices in South Sulawesi,” J. Curric. Teach., 2014.
Muhlison, “Teacher Profesional (An Ideal Characteristic in Education),” J. Darul Ilmi, vol. Vol. 2 No., 2014.
O. Hamalik, Pendidikan Guru BErdasarkan PEndekatan Kompetensi. Bandung: PT Aksara Bandung, 2009.
Kurniasih, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran UntukPeningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena, 2016.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
H. Edi, “Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas,” J. Saung Guru., vol. Vol. I, No, 2010.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru. Bandung: Alfabeta, 2009.
A. Suharsimi, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
E. Mulyasa, “Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan,” Bandung: Remaja Rosdakarya, p. 232, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 English Education Journal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.