SUMMARIZING SHORT STORY TO IMPROVE ENGLISH VOCABULARY MASTERY IN SMP NEGERI 2 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v6i2.363Kata Kunci:
meringkas cerita pendek, penguasaan kosakataAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah meringkas cerita pendek dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada SMP Negeri 2 Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui meringkas cerita pendek pada siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian quasi eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah adalah 330 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 62 siswa yang dipilih dengan menggunakan tehnik acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen adalah 54,35, sementara pada tes akhir 87,74. Sementara itu, nilai rata-rata tes awal pada kelas kontrol 52,77 dan pada tes akhir adalah 75,81. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai hitung t adalah -.12,285 dan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, meringkas cerita pendek efektif meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada SMP Negeri 2 Baubau.
Unduhan
Referensi
E. H. Hiebert and M. L. Kamil, Teaching and learning vocabulary: Bringing research to practice. 2005.
McCarthy and O‟Dell, English Vocabulary in Use Upper Intermediate, with Answer. Jakarta: Erlangga, 2001.
A. Rider, Abra Vocabra. Colorado: Cottonwood Press, Inc, 2003.
S. . Setyani, “The Use of Short Stories to Develop Student’s Reading Comprehension Skill.,” Semarang State University, Jepara, 2009.
P. Ghasemi, “Teaching the Short Story to Improve L2 Reading and Writing Skills: Approaches and Strategie,” Int. J. Arts Sci. Shiraz Univ. Iran, 2011.
J. W. Creswell, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education Inc., 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
S. A. Loomax, R. G., Moosavi, “Using Humor to Teach Statistics; Must they be Orthogonal?,” Pap. Present. Annu. Meet. Am. Educ. Res. Assoc., 1998.
Murdoch, “Exploiting Well-Known Short Story for Language Skills Development IATEFL LCS SIG Newsletter 23, 9-17,” 2002.
David, “Teaching vocabulary by using short story : A Case of fourth grade students of SD Genta 01 Semarang,” 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 English Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.