ANALYSIS OF STUDENT’S DIFFICULTIES IN LEARNING ENGLISH AT SMA NEGERI 1 BATAUGA

Penulis

  • Elisa Dewi Sultra Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Baharudin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v6i2.364

Kata Kunci:

Analisis, kesulitan, belajar Bahasa Inggris

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa kelas sebelas dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Batauga. Desain penelitian menggunakan metode campuran, yang digunakan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah 12 siswa. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Batauga. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan jenis analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan khususnya hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa tingkat prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Batauga tergolong rendah. Dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar bahasa inggris adalah motivasi atau minat siswa yang rendah dalam belajar bahasa inggris. Ini ditunjukkan dengan ketidakpedulian atau keengganan mereka untuk belajar bahasa Inggris. Keengganan ini berdampak pada penguasaan bahasa Inggris mereka, terutama kosa kata dan tata bahasa Inggris serta kemampuan pemahaman membaca dan berbicara mereka. Hal ini disebabkan siswa SMA Negeri 1 Batauga jarang mengulang pelajaran bahasa Inggris di rumah dan tidak menghafal kosakata bahasa Inggris secara bertahap. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa lingkungan siswa tidak berpengaruh positif terhadap siswa dalam belajar. Termasuk dalam hal ini guru bahasa Inggris dan dukungan orang tua.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. Ur, A Course in Language Teaching. Cambridge University Press, 1996.

H. D. Brown, Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education, Inc., 2007.

K. Johnson, An Introduction to Foreign Language Learning and Teaching. London: Pearson Education Limited, 2008.

P. S. Westwood, What Teachers Need to Know about Learning Difficulties. Australia: Acerpress, 2008.

P. S. Westwood, What Teachers Need to Know about Learning and Learning Difficulties. Australia: Acerpress, 2004.

Twomey, No Title. 2006.

Hotchkis, No Title. 1999.

Elksnin, No Title. 2002.

Ado Ama, “No Title,” 2019.

TrongTuan, “No Title,” 2012.

Z. U. Dornyei, Teaching and Researching Motivation. Great Britain: Pearson Education Limited, 2011.

W. A. Renandya, “L2 Motivation: Whose Responsibility is It?,” English Lang. Teach., vol. 27, no. 4, pp. 177–189, 2015.

S. S. Jafari, “Motivated Learners and Their Success in Learning a Second Language,” Theory Pract. Lang. Stud., vol. 3, no. 10, pp. 1913–1918, 2013.

Butler, “No Title,” 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-15

Cara Mengutip

Sultra, E. D., & Baharudin, B. (2020). ANALYSIS OF STUDENT’S DIFFICULTIES IN LEARNING ENGLISH AT SMA NEGERI 1 BATAUGA. English Education Journal, 6(2), 65-75. https://doi.org/10.55340/e2j.v6i2.364

Terbitan

Bagian

Articles