AN ANALYSIS OF SOCIAL CONFLICT BETWEEN BLACK AND WHITE SKIN IN NOVEL ‘THE HELP’ WRITTEN BY KATHRYN STOCKETT
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.429Kata Kunci:
orang berkulit hitam dan putih, diskriminasi rasial, konflik sosialAbstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana konteks sosial penulis yang tercermin dalam novel The Help oleh Kathryn Stockett; 2) bagaimana kehidupan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang tercermin dalam novel The Help; 3) bagaimana fungsi sosial novel The Help. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menerapkan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan dan teknik membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa konflik yang terjadi di novel The Help: 1) konteks penulis menjelaskan tentang bagaimana pembantu yang berkulit hitam mendapatkan diskriminasi dari orang berkulit putih di Mississippi. Banyak bentuk diskriminasi terhadap pembantu berkulit hitam seperti kutipan dalam novel ini mengatakan bahwa orang kulit putih menganggap bahwa orang kulit hitam adalah penyakit. Salah satu yang kalah adalah orang kulit hitam dan mereka menjadi depresi karena perilaku orang kulit putih sangat brutal; 2) kehidupan sosial yang tercermin dalam masyarakat menjelaskan tentang kondisi di Jackson, Mississippi ketika pembantu kulit hitam merasa tidak nyaman dan diperlakukan tidak adil dalam kehidupan sosial mereka; 3) fungsi sosial menjelaskan tentang peran pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah telah gagal karena secara tidak langsung mereka mendukung orang kulit putih. Di Mississippi tidak ada pemerintah yang berkulit hitam karena mereka tidak ingin orang berkulit hitam ikut dalam politik.
Unduhan
Referensi
D. Damono, Sapardi, Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
T. Eagleton, Marxism and literary criticism. California: University of California Press, 2003.
H. G. Tarigan, Prinsip-Prinsip Dasar Sastra, 4th ed. Bandung: Angkasa, 1991.
L. A. Coser, R. Dahrendorf, and R. Collins, “Conflict and Critical Theories Seeing Further : Normal Conflict,” Conflict, pp. 211–241, 2006.
D. Turmudi, “The influencing factors addressed in EFL essay writing class in Indonesia,” Asian EFL J., vol. 2015, no. 83, pp. 4–33, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
D. Damono, Sapardi, Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, 1978.
A. Wellek, Rene and Warren, Teori Kesusasteraan. Jakarta: PT Gramedia, 1977.
I. Watt, The Rise of the Novel: Studies in Defoe, Richardson, and Fielding. California: University of California Press, 1957.
D. A. Arimbi, “POETIC JUSTICE DALAM KARYA-KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO: SEBUAH AJARAN MORAL DALAM MENJALANI HIDUP,” JENTERA J. Kaji. Sastra, vol. 3, no. 1, 2017, doi: 10.26499/jentera.v3i1.431.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 English Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.