THE USE OF TRADITIONAL GAME “KABENTE” TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY OF SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT

Penulis

  • Asti Wahyuni B Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Nining Kurnia Gafaruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Adelia Adelia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.430

Kata Kunci:

Permainan Tradisional Kabente, Penguasaan Kosakata

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan permainan tradisional Kabente memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek yang signifikan dari permainan tradisional Kabente dalam menuingkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Siompu Barat. Penelitian ini penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP NEgeri 1 Siompu Barat yang terdiri dari 3 kelas dengan total 79 siswa. Sampel pada penelitian ini  siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes awal siswa adalah 36.36, sedangkan pada tes akhir adalah 80.06. dari hasil tes hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung = 2.54 dan nilai signifikansi 0.00<0.050. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, penerapan permainan tradisional Kabente memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Siompu Barat, tahun akademik 2020/2021.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Alqahtani, “Importance of Vocabulary in Language Learning,” J. Teach. Educ. pp.21-23. Saudi Arab., 2015.

A. Soepandi, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

S. Mulyani, 45 permainan tradisional anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing, 2013.

R. Richards, J.C. dan Schmidt, Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge (UK): Cambridge University Press, 2002.

I. S. P. Nation, “Teaching Vocabulary,” Asian EFL J. Cambridge.3 (7)., 2005.

R. Maximo, “Effects if rote, context, keyword, and context/ keyword method onretention of vocabulary in EFL classroom, Language Learning,” vol. 50, 2, 385, 2000.

J. M. Waltres, “Teaching The Use of Context to Infer Meaning a Longitudinal,” 2004.

L. Diamond, and Gutlohn, “Teaching Vocabulary,” 2006.

Sugiyono, Pendidikan Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

J. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif,. Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Depdiknas, Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Kelas Inklusif/Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2005.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-15

Cara Mengutip

Wahyuni B, A., Gafaruddin, W. O. N. K., & Adelia, A. (2021). THE USE OF TRADITIONAL GAME “KABENTE” TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY OF SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT. English Education Journal, 7(1), 13-22. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.430

Terbitan

Bagian

Articles