THE ORAL QUIZ EFFECT ON STUDENTS SPEAKING SKILL

Penulis

  • La Mido Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.432

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, kuis lisan, kemampuan berbicara

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kuis lisan terhadap kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lakudo. Penelitian ini bersifat pre-eksperimental, dengan desain pretest dan posttest kelompok tunggal dan tanpa kelompok kontrol. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lakudo yang berjumlah 168 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan cluster sampling yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Data menunjukkan bahwa kuis lisan memiliki dampak yang cukup besar terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Lakudo. Nilai uji t= 12,39 yang dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan standar dan derajat bebas (df) = 29, diperoleh bahwa ttabel = 1,699. Uji t= 12,39 > ttabel = 1,699, menurut nilai ini. Akibatnya, H0 ditolak, sedangkan H1 diterima. Artinya, kuis lisan berdampak besar pada pembelajaran bahasa Inggris di tingkat yang lebih tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. L. M. Brown, “Rhymes, stories and songs in the ESL classroom,” Internet TESL J., vol. 12, pp. 23–25, 1997, [Online]. Available: http://iteslj.org/Articles/Brown-Rhymes.%0Dhtml.

H. D. Brown, Teaching by principles: an interactive approach to language pedagogy. Prentice Hall Regents, 1994.

S. Swain, M., & Huang, L.-S., Barkaoui, K., Brooks, L., & Lapkin, “The speaking section of the TOEFL® iBT (SSTiBT): Test-takers’ strategic behaviours,” 2009.

H. Burns, A., & Joyce, Focus on speaking. Sydney: National Center for English Language Teaching and Research, 1997.

Asriyani, “Oral Reflection at the End of The Class and Learner speaking ability at second year students of SMP Negeri 1 Baubau,” Dayanu Ikhsanuddin University, 2013.

and T. L. B. Chaney, A.L., Teaching Oral Communication in Grades K-8. Boston: Allyn & Bacon, 1998.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

G. L.R., Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New York: Macmillan Company, 1992.

R. M. Heyworth, “Quantitative Problem Solving in Science: Cognitive Factors and Directions for Practice,” Educ. J., vol. 26, no. 1, pp. 13–29, 1998.

H. Blummer, Perspective and Methods. Los Angeles: University of California Press, 1983.

K. P. dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 64 Tahun 2013 tentang “Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.” Indonesia, 2013.

K. Shumin, “Teaching English as a Second or Foreign Language (ESL/EFL),” 2002, [Online]. Available: eca.state.gov/../p6.htm.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-15

Cara Mengutip

Mido, L. (2021). THE ORAL QUIZ EFFECT ON STUDENTS SPEAKING SKILL. English Education Journal, 7(1), 30-38. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.432

Terbitan

Bagian

Articles