THE USE OF ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) METHOD IN IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY OF EIGHT GRADE AT SMP NEGERI 9 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.433Kata Kunci:
ESA, meningkatkan, kosakataAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaplikasian metode ESA berdampak pada peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 8 SMP Negeri 9 Baubau. Instrumen dari penelitian ini adalah test. Penelitian ini berlangsung selama 8 kali pertemuan, pertemuan pertama dilakukan pre-test, pertemuan ke-6 dilakukan pengaplikasian metode ESA, dan pertemuan terakhir dilakukan post-test. Data dianalisa dengan menggunakan descriptive statistics dan inferential statistics. Hasil penelitian menunjukan dengan pengaplikasian metode ESA menunjukan peningkatan yang signifikan pada kosakata Bahasa Inggris siswa kelas 8 di SMP Negeri 9 Baubau.
Unduhan
Referensi
E. Fauziati, Teaching of English as a Foreign Language (TEFL), Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2010.
J. Harmer, The Practice of English Language Teaching, London: Longman, 2001.
H. Jackson, Words , Meaning and Vocabulary, New York: Cassell, 2000.
L. M. Kamil and H. E. Hibert, Teaching and Learning Vocabulary: Perspective and Persistent Issues, New Jersey: Lawrence Eribaum Associates, 2005.
J. C. Richard, Curriculum Development in Language Teaching, Cambridge: University Press, 2001.
N. Schmitt, Vocabulary in Language Teaching, Cambridge: Cambridge University Press, 2000.
W. J., Teaching Vocabulary, London: Bridles, 1982.
J. Harmer, How to Teach English London, London: Longman, 1998.
J. Harmer, The Practice of English Language Teacing, Essex, England: Longman, 2001.
M. K, "My Entire Walking Life," The Games Journal, 2001.
A. J. Simpson, "Why Use Game in the Language Classroom," Humanizing Language Teaching, vol. 13, 2011.
A. Ku, "Pictionary Tastics," Bon Journal, 2004.
S. Zeiger, Practitionary Ideas, 2006.
J. P. Hinebaugh, A Board Game Education, Lanham: R & L Education, 2009.
Fadhilah, Improving English Proficiency trough The Picitionary Game, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2011.
Hasbro, Rules for Pictionary, 1993.
S. Thornbury, How to Teach Vocabulary, Harlow: Pearson Education Limited, 2002.
J. W. Creswell, Planning, Conducting, and Quantitative and Qualitative Research ( 4th ed)., Boston: Pearson Education Inc, 2012.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 English Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.