THE STUDY OF STUDENTS’ WRITING ABILITY ON GRADE ELEVEN OF SMK NEGERI 1 KAMBOWA

Penulis

  • Zahira Zahira Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sanaria Maneba Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.435

Kata Kunci:

siswa, kemampuan menulis

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan menulis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kambowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi tingkat kemampuan menulis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kambowa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kambowa. Sampel diambil menggunakan teknik sampel jenuh, dengan junlah 30 siswa. Onstrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang mana t-hitung lebih besar daripada t-tabel (4,054>1,699). Berdasarkan uji hipotesis, hal ini berarti bahwaH0 ditolsk, dan Haditerima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kambowa tidak tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H.-D. Brown, Teaching By Principles, An Interactive Approach To Language Pedagogy. San fancisco: Mc Craw Hill, 2000.

J. Harmer, The Practice of English Language Teaching, 3rd Ed. New York: Pearson Education Limited, 2001.

D. Utami, How to Write. Medan: Latansa Press., 2013.

N. David, Practical English Language Teaching. New York: Mc Craw, 2003.

H. G. Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa., 1994.

Indana Lazulfa, “Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi.,” Progr. Stud. Bhs. Indones. Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidikan. Uniersitas Sebel. Maret. Surakarta, 2019.

L. Hasnawati, “Improving The Students’ Writing Ability In Narrative Text Through Praise-Question-Polish (Pqp) Technique,” vol. Vol 3, No, 2014.

F. Permana, Tahan Dwi dan Zuhri, “The Implementation of Picture Series as Media in Teaching Writing of A Narrative Text of the Tenth Graders of Senior High School.,” vol. Volume 01, 2013.

H. Feezz S. & Joyce, Writing skills: Narrative and non-fiction text types. Sydney: Phoenix Education Pty Ltd, 2000.

Devigantari A, “Improving Students’ Ability In Writing Narrative Texts Using Short Animated Stories At Class Viii C Of Smpn 2 Sanden, Bantul In The Academic Year Of 2013/2014,” 2015.

Syamsudin dan Damiyanti, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka Media, 2011.

Sugiyono, Quantitative Research Methods. Bandung: Alfabeta, 2010.

Glencooe, Writing Assessment and Evaluation Rubric. California: MCGrew Hill Harmer, 2009.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-15

Cara Mengutip

Zahira, Z., Maneba, S., & Nety, N. (2021). THE STUDY OF STUDENTS’ WRITING ABILITY ON GRADE ELEVEN OF SMK NEGERI 1 KAMBOWA. English Education Journal, 7(1), 56-63. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.435

Terbitan

Bagian

Articles