Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-11-15. Baca versi terbaru.

THE PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS TERKAIT DENGAN BUKU AJAR YANG DISEDIAKAN OLEH PEMERINTAH SEBAGAI BAHAN AJAR UTAMA

Penulis

  • Esa Penilta Amiruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i2.691

Kata Kunci:

buku teks bahasa Inggris, persepsi guru

Abstrak

Buku teks bahasa Inggris dari pemerintah diterbitkan untuk semua siswa Indonesia di sekolah menengah pertama. Ini harus digunakan sebagai bahan ajar utama di kelas bahasa Inggris. Kenyataannya, guru bahasa Inggris di SMPN 4 Baubau mengalami kesulitan dalam menerapkan kebijakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru bahasa Inggris terkait dengan buku ajar yang disediakan oleh pemerintah sebagai bahan ajar utama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Sampel penelitian ini adalah tiga guru bahasa Inggris di SMPN4 Baubau. Temuan menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan buku teks pemerintah sebagai buku utama tetapi digunakan sebagai bahan ajar pendukung dan guru menggunakan buku lain dari penerbit non-pemerintah sebagai buku teks utama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. C. Richards, Curriculum In Development In Language Teaching. New York: Cambridge University Press, 2001.

S. Handayani, “The Evaluation Of English Textbook For Grade VII Of Junior High School In Indonesia,” in The Fourth International Seminar onEnglish Language and Teaching (ISELT-4), 2016, p. 328.

L. U. Qodriani, “Analisis Buku Sekolah Elektronik Bahasa Inggris Smp/Mts Kurikulum 2013 When English Rings The Bell,” Universitas Gadjah Mada, 2014.

S. Oktalia, D., Ngadiso, & Slamet, “Listening Material In The 2013 Curriculum English Textbook: What Do The Teachers Think?,” J. English Educ., pp. 69–77, 2018.

E. W. Amiruddin, “The Effectiveness Of Using Student Worksheet (Sw) As Learning Motivation In English,” Dayanu Ikhsanuddin University, 2018.

A. A. Muhsen Al Harbi, “Evaluation Study for Secondary Stage EFL Textbook: EFL Teachers’ Perspectives,” English Lang. Teach., vol. 10, no. 3, p. 26, 2017.

Subroto, A.R. & Jazadi, Iwan & Mahyuni, “Socio-economic representations in English language textbooks used in regional Indonesia,” Asian EFL J., vol. 21, pp. 121-142., 2019.

L. E. Sheldon, ELT Textbooks and Materials: Problems in Evaluation and Development., Modern Eng. Oxford, 1987.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Indonesia, 2017, p. 31.

H. G. and D. T. Tarigan, Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa, 1993.

J. Harmer, How to Teach English. Longman Publishing Group, 1998.

W. Maba, “Teachers’ Perception on the Implementation of the Assessment Process in 2013 Curriculum,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2017.

H. Tewal, Bernhard; Adolfina; Pandowo, Merinda; Tawas, PERILAKU ORGANISASI. Perpustakaan Nasional, 2017.

D. Nunan, “Principles for designing language teaching materials,” Guidlines, vol. 10, no. 2, pp. 1–24, 1988.

B. Tomlinson, Developing Materials for Language Teaching. Trowbridge, Wiltshire: Cromwell Press, 2003.

D. The State of South Australia and of Education and Children’s Services, Choosing and using teaching and learning materials. Australia: DECS Publishing, 2004.

R. Ellis, Classroom Second Language Development: A Study of Classroom Interaction and Language Acquisition (Language Teaching Methodology Series). Prentice Hall Regents/ESL, 1988.

U. Majid, “Research Fundamentals: Study Design, Population, and Sample Size,” Undergrad. Res. Nat. Clin. Sci. Technol. J., vol. 2, Jan. 2018.

S. Rosmalia, “Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Dan/Atau Perusakan Laut,” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa., 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta, 2013.

A. Cunningsworth, Evaluating and Selecting ELT Materials. Oxford: Heine- mann, 1984.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Versi

Cara Mengutip

Amiruddin, E. P., & Syafitri, N. (2021). THE PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS TERKAIT DENGAN BUKU AJAR YANG DISEDIAKAN OLEH PEMERINTAH SEBAGAI BAHAN AJAR UTAMA. English Education Journal, 7(2), 73-80. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i2.691

Terbitan

Bagian

Articles