ENGLISH ONLINE LEARNING AND CHALLENGES DURING THE COVID 19 PANDEMIC AT STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Penulis

  • Nurmadina HS Nurmadina HS University of Handayani Makassar
  • Yuliah Yuliah University of Handayani Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v8i1.851

Kata Kunci:

Bahasa inggris, daring, deskriptif kualitatif, pembelajaran daring, pandemi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris dalam masa pandemi dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran online dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah masalah apa yang dihadapi oleh mahasiswa STIMIK Handayani dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris secara daring selama masa pandemi? Dan bagaimana penerapan aplikasi pembelajaran daring dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Bahasa Inggris kelas SK dengan total populasi sejumlah 12 orang dan sedang berada di semester satu. Jumlah total responden adalah sebanyak 6 orang mahasiswa yang merupakan siswa yang aktif mengikuti perkuliahan . Kuesioner digunakan untuk menggali informasi yang diperoleh dari responden nantinya. Teknik Analisa data mengacu pada Miles & Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil temuan dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa kendala utama yang umum dihadapi oleh mahasiswa ketika mengikuti pembelajaran secara daring adalah kesulitan memahami materi dan sinyal yang buruk. Adapun hambatan lainnya berupa perasaan bosan, kurang interaktif dan kesulitan untuk fokus. Dengan adanya temuan ini, peneliti berharap akan ada temuan-temuan terkait meningkatkan efektivitas belajar melalui pembelajaran daring. Selanjutnya adalah penerapan pembelajaran daring berbasis aplikasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan dan dipaparkan secara deskriptif, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring kurang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Noer, Z. Astri, and N. H. Hairuddin, “English Language Variation of Tourist Guide: A Case Study of Indonesian Context,” vol. 4, no. 2, pp. 133–144, 2021, [Online]. Available: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/seltics

Marzuki, “POLITIK PENDIDIKAN NASIONAL DALAM BINGKAI UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” Jurnal Penelitian Humaniora, vol. 17, no. 2, pp. 16–38, 2012.

B. Muslim and S. Hasyim, “Implementasi UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012 Terhadap Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, vol. 8, no. 2, pp. 291–313, Mar. 2019, doi: 10.22373/ls.v8i2.4560.

Irwansyah, “PENYELENGGARAAN SISTEM PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH DI PERGURUAN TINGGI SWASTA,” JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), vol. 2, no. 1, pp. 39–50, Jul. 2018, doi: 10.36339/JASPT.V2I1.122.

Z. Astri, F. Noer, and I. Wahab, “The Use of WhatsApp in Learning English During Pandemic Covid-19: Students’ Perception*,” 2022.

Y. A. Haris, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEKNIK DI STMIK HANDAYANI MAKASSAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19,” JURNAL IT, vol. 12, no. 3, pp. 141–147, 2021, doi: 10.37639/JTI.V12I3.265.

R. E. Baticulon et al., “Barriers to Online Learning in the Time of COVID-19: A National Survey of Medical Students in the Philippines,” Med Sci Educ, vol. 31, no. 2, pp. 615–626, Apr. 2021, doi: 10.1007/S40670-021-01231-Z/TABLES/3.

N. K. Seriasih, “ Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Cetta:JurnalIlmuPendidikan. ,” Cetta:Jurnal Ilmu Pendidikan. , 2020.

Tiyas, “Sejarah E-Learning | Nurma Anisa Rahmaning Tiyas - Academia.edu,” 2014. https://www.academia.edu/6432490/Sejarah_E_Learning (accessed Sep. 29, 2022).

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 2, no. 2, pp. 81–89, Apr. 2020, doi: 10.31605/IJES.V2I2.659.

A. Airtanah, “Bab II Kajian Teori.,” 2014, pp. 9–34.

J. L. Moleong, “Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. | OPAC Perpustakaan Nasional RI.,” 2017. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305 (accessed Sep. 29, 2022).

M. Miles and M. Huberman, “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook,” SAGE Publications,Inc., 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-01

Cara Mengutip

Nurmadina HS, N. H., & Yuliah, Y. (2022). ENGLISH ONLINE LEARNING AND CHALLENGES DURING THE COVID 19 PANDEMIC AT STMIK HANDAYANI MAKASSAR. English Education Journal, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.55340/e2j.v8i1.851

Terbitan

Bagian

Articles