Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177Keywords:
alat peraga, geoboard, hasil belajar matematika, bangun datarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga geoboard pada materi bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 15 GU tahun ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi, hal ini di sebabkan karena jumlah kelas V SD Negeri 15 GU hanya terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes bidang studi matematika yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 51,25; 2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 48,50; 3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 82; 4) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 65,50; 5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 4,744 dan nilai ttabel = 1,6850. Apabila dibandingkan thitung dengan ttabel, maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga geoboard dan siswa yang tidak menggunakan alat peraga geoboard.
Downloads
References
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarwabiyah. 11(1). http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/356
Aprianto, R. (2017). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Bangun Datar di SD Negeri 1 Lemo. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrudin. (2016). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Osborn Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Pada SMPN 3 Lakudo. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Djarwanto. (1985). Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberti.
Ghozali, I., (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Guilford, J.P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co. Inc.
Komala, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Sederhana Melalui Alat Peraga Geometri Kelas I SDN Sukamenak Subang. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang. 3(2). http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/91
Mudrikah, Y. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) matematika berbasis discovery learning pada materi fungsi untuk siswa kelas XI IPS di MA Patra Mandiri Plaju. Skripsi, tidak dipublikasikan. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
Saleh, H.I., dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Makassar. Vol. IV No. 1. Diambil pada tanggal 15 Maret 2019, dari http://ojn.unm.ac.id/index.php/sainsmat.
Saregar, A., Widha, S., & Cari. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimental dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. Surakarta. Vol 2 No 2. Diambil pada tanggal 29 Maret 2019, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
Setyowati, N., Bambang, E.S., & Masrukan. (2016). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Semarang. Diambil pada tanggal 18 Maret 2019, dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano.
Sudjana, N. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.
Sumanto, Y. D., Heny, K., & Aksin, N. (2008). Gemar Matematika Untuk Kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto & Hapsoro. (2011). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Cahaya Di SMP. Diambil pada tanggal 14 Maret 2019, dari http://journal.unnes.ac.id
Susanto, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bombana. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Vol. 7 No. 2. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/index
Toyiba, F. & Nurdyansyah. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Sidoarjo. Diambil pada tanggal 14 Maret 2019, dari http://eprints.umsida.ac.id/1610
Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Yogyakarya: Gajah Mada University.
Yensy, N.A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMPN 1 Argamakmur. Diambil pada tanggal 23 Maret 2019, dari http://repository.unib.ac.id/id/eprint/490
Yuliana, N.D. & Yudi, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Diambil pada tanggal 16 Maret 2019, dari http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1258