Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau

Authors

  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Sarido Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.178

Keywords:

prestasi belajar, video tutorial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran video tutorial sebagai pendukung pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan jenis desainPretest dan Postest. Data diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes uraian (essay) yang diberikan pada awal dan akhir pertemuan kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Baubau menggunakan media pembelajaran video tutorial dapat meningkat serta penggunaan penggunaan video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arnanto, G.C. & Triyono, M.B. (2014). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di SMK Se Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4. 3.

Baharudin, I. (2014). Efektifitas Penggunaan Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol : 2. Nomor : 2. ISSN : 2339 – 0794.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Muttalib, A. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menyusun Teks Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tinambung. Jurnal Pepatuzdu. Vol : 9. Nomor : 1.

Sihombing, R.P. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Materi Permintaan di Kelas X SMA Negeri 2 Tukka. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol : 1. Nomor : 1.

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Sundayana. R. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sinaga, dkk. (2013). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Sudjana. (2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Wibisono, Y. 2005. Metode Statistik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Rahmatia, R., Iriana, A., & Sarido, W. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 90-93. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.178

Issue

Section

Articles