Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.179Keywords:
jam belajar, matematika, prestasi belajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa jam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batauga dengan jumlah siswa sebanyak 185 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 126 orang, diambil dengan berdasarkan tabel sampel yang disusun oleh Krejcie dan Morgan. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket jam belajar dan tes serta wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh jam belajar pada mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batauga. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,529, signifikan pada 0,013<0,05. Artinya bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil wawancara siswa lebih suka belajar matematika di waktu pagi hari dari pada di waktu siang hari.
Downloads
References
Azis. (2015). Belajar Statistik Dengan SPSS Dan Manual. Lingkaran Matematika.
Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331
Giovanni, E. K. (2018). Pengaruh Waktu Belajar Terhadap Minat, Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Materi Gelombang Bunyi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Nurmita, W. O. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Batauga. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.