Pengaruh Penguasaan Bilangan Bulat Terhadap Penguasaan Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siompu
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.185Keywords:
bilangan bulat, konsep aljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk Mengetahui tingkat penguasaan bilangan bulat terhadap penguasaan konsep aljabar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Siompu, 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penguasaan bilangan bulat terhadap kemampuan menyelesaikan perhitungan konsep aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siompu. Penelitian ini adalah penelitian exspost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Siompu yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 23 siswa untuk setiap kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang berkaitan dengan penguasaan bilangan bulat menunjukan bahwa tingkat penguasaan rendah sebanyak 8 orang atau 17,4 %, tingkat penguasaan sedang sebanyak 31 orang atau 67,4 %, dan tingkat penguasaan tinggi sebanyak 7 orang atau 15,2 %. Sedangkan hasil analisis deskriptif yang berkaitan dengan penguasaan konsep aljabar menunjukan bahwa tingkat penguasaan rendah sebanyak 5 orang atau 10,9 %, tingkat penguasaan sedang sebanyak 29 orang atau 63 %, dan tingkat penguasaan tinggi sebanyak 12 orang atau 26,1 %. nilai rata-rata penguasaan bilangan bulat sebesar 64,45 sedangkan penguasaan konsep aljabar sebesar 7,85. Hasil uji hipotesis diketahui dan signifikan pada dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penguasaan bilangan bulat terhadap penguasaan konsep aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siompu.
Downloads
References
Andriani. P. (2015). Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. Vol. 8, No. 1, (Mei) 2015, Hal. 1-13, ISSN: 2085-5893.http://jurnalbeta.ac.id, di akses 5 Maret 2019.
Delta Pardede, (2018). Pengaruh Penguasaan Materi Bilangan BulatTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MateriPokok Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 1Badiri.JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 1, No.1, Maret 2018. ISSN. 2621-9832. http://journal.ipts.ac.id, diakses 5 Maret 2019.
Fartia, R. dan La Ndia. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII1 Smp Negeri I Lawa Kabupaten Muna Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 1 No. 1 Mei 2013. https://pendmatematikauho.hol.es, di akses 5 Maret 2019.
Harahap, dan Saida, H. (2015). Hubungan Penguasaan Bilangan Bulat dengan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Barumun. Skripsi. Padangsidimpuan: STKIP “Tapanuli Selatan” Padang Sidimpuan.
Ilyas Muhammad. (2014). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent.Abstrak hasil penelitian FKIP Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Pedagogy volume 3 Nomor 1 April 2014. ISSN 2502-3802
Nelsih, T. (2014). Pengaruh Penguasaan Operasi Hitung Pada Bilangan Bulat Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baubau. Skripsi. UNIDAYAN Baubau.
Sururi (2104). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bantuan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Di Mi Nu 16 Kaligading. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo http://eprints.walisongo.ac.id/4123/, diakses 5 maret 2019.
Ugi La Eru, dkk. ( 2016). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dan Alternatif Pemecahannya. Abstrak hasil Penelitian Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Jurnal Daya Matematis, Volume 4 No. 1 Maret 2016.