Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.189Keywords:
efektifitas, explicit instruction, reward and punishment, hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Intruction efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. 2) Penerapan model pembelajaran Reward and Punishment efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. (3) Efektivitas antara penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and punishment dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah sisswa 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII.C sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah pre-test, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan peluang keduanya sama-sama efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua. Secara deskriptif nilai rata-rata kelas ekperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 70,72 dan 71,47. Berdasarkan analisis inferensial menjelaskan bahwa tidak ada berbedaaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Explicit Intruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reward dan Punishment. Ini dikarenakan nilai signifikan 5% (0,420 > 0,05). Artinya, kedua model pembelajaran yaitu Explicit Intruction dan Reward and Punishment sama baiknya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua.
Downloads
References
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media.
Febriani, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri1 Batauga Kabupaten Buton Selatan. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Fitriyanti. (2016). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence. Universitas Lampung.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Maulidar, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Explicit Intruction Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII MTsS Gumpueng Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Nasrudin, F. (2015). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri di Sekolah Binaan 02 Kecamatan Bumi Ayu Kabupaten Brebes [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/20269/
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Supardi, L. O. (2010). Materi Mata Kuliah Pengantar Pendidikan.
Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.