Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.192Keywords:
hasil belajar, LAPS-heuristikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 38 Buton dengan mengambil sampel 19 siswa Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan angket dan posttest dan di analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh t hitung (2,268)>t tabel (2,02809) dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Kemudian terlihat nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.029< 0.05, sehingga terdapat perbedaan skor point yang berarti antara kelas ekperimen dan dan kelas control.
Downloads
References
A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Arwansyah & Asron Natubara. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-HeuristicDengan Strategi Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan TahunPelajaran 2018/2019.Jurnal SAP, Vol. 8 No. 6. Di akses di https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ ekodik/article/download/11832 103 21 tanggal 12 Mei 2019.
Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ngalimun, dkk. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Priansa, D.J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
Sundayana, R. (2016). “Kaitan antara Gaya Belajar, KemandirianBelajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalamPelajaran Matematika”.Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 3, No. 2, Mei 2016
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.