Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.193Keywords:
bilangan bulatAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penggunaan mistar hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada operasi bilangan bulat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada operasi bilangan bulat dengan menggunakan mistarhitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklusdengan prosedur penelitian yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Evaluasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Mawasangka yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah Lembar observasi, dan Tes hasil belajar dengan teknik pemngambilan data yaitu observasi lalu kemudian pemberian tes. Teknik analisis data hasil penelitian yaitu reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan tes, pada siklus Iterlihat siswa yang memperoleh nilai < 60 adalah sebanyak 8 orang ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 61,9% sedangkan pada hasil tes siklus II nilai siswa juga meningkat, semua siswa sudah memperoleh nilai ≥ 60 dengan rata-rata 82,74 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan mistar hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada materi bilangan bulat.
Downloads
References
Amalia, Nikmah. (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Melalui Alat Peraga Manik-manik Pada Siswa Kelas IV SDN Tawang Mas 01 Srmatang. Abstrak Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/9951/1/10097.pdf, di akses 5 Maret 2019.
Andri. N. S. (2014). Penggunaan Media Mistar Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 02, No. 02, Tahun 2014. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id,di akses 5Maret 2019.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet.13, 2010.
Dedi, Mulyadi. (2009). Gemar Belajar Matemarika untuk SD/MI KelasIV. Jakarta: PT. Intimedia Ciptanusantara.
Heni, Tiswanti. (2010). Penggunaan Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Garis Bilangan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajran Matematika Operasi Bilangan Bulat.Kelas V SDN Kalipancur 02 Kec. Blado. Semarang: Universitas Terbuka.
Heny, Kusumawati. (2008). Gemar Matematika 4 untuk kelas 4 SD/MI. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
Hj. Zaleha. (2018). Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Implementasi Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gambah, Barabai, Hulu Sungai Tengah. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan No.4, Vol.1, 2018. http://rumahjurnal.net, di akses 5 Maret 2019.
Karso, dkk. (2011). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka. Lestrari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2015.
Muh ammad Thobroni & Arif Mustofa. (2011). Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Ar Ruz Media. Yogyakarta.
Pitaj eng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Semarang: Depdiknas.
Rangga. A. (2017). Pengembangan Alat Peraga Edukatif Mistar Bilangan Bulat (Misbilbul) Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas Iv Sdn Golo UmbulharjoKota Yogyakarta Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. VI Nomor 6 Tahun 201 http://journal.student.uny.ac.id, di akses 5 maret 2019.
Saman, dkk. (2014). Penggunaan Alat Peraga Penggaris Geser Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. Abstrak hasil penelitian PGSD, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak. http://jurnal.untan.ac.id, di akses 5 Maret 2019.
Setyono. A. (2013).Peningkatan Hasil Belajar Penguasaan Konsep Bilangan Pecahan Berbantuan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 3 Di SDN Keputih 245 Inklusif Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, UNESA.
Sudjana, Nana. (2012). Media Pengajaran. Bandung: Sinar baru.
Sudayana, Rosinta. Media Pembelajaran Matematika Bandung: Alfabeta, 2014.
Sururi. (2104). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bantuan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Di Mi Nu 16 Kaligading. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo http://eprints.walisongo.ac.id, diakses 5 Maret 2019.
Sutrisno. (2009). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SD Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Alat Peraga Ceker. Semarang: UNNES.
Tim Bina Karya Guru. (2007). Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Turmuzi, Muhammad. (2013). Pengembangan Media dan Alat Peraga Matematika. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Wijaya, Kusuma dan Dedi, Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks.