Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.196Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau pada Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 siklus dengan subjeknya adalah peneliti dan guru sedang objeknya adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai rata-rata 41,91 dan ketuntasan pembelajaran mencapai 48%, kemudian hasil belajar siswa setelah tindakan pada siklus 1 meningkat dengan nilai rata-rata 71,22 dengan ketuntasan belajar 81,22%. Kemudian rata-rata hasil observasi pertemuan I sampai pertemuan ke-IV terhadap guru dengan presentasi 86,7% (sangat tinggi), sedangkan rata-rata hasil observasi terhadap siswa dengan presentasi 80% (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau pada Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar.
Downloads
References
Arvio.(2012). Pengaruh Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri 2 jombang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Denpasar: Universitas Udayana Denpasar.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama; Mata Pelajaran Matematika. Jakarta. Depdiknas.
Ernawan. ( 2006). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Konsep Dasar Bangun Datar. Jakarta: Balai Pustaka.
Haryadin, (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Ibrahim. (2006). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA Unversity Press.
Jufri. (2006). Hakikat Pembelajaran Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pengenalan Pecahan Melalui Pendekatan Rme (Realistic Mathematics Education Jakarta: Balai Pustaka.
Jumianto. (2008). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Tentang Operasi Bilangan Bulat. Bandung: Remaja Karya.
Slameto. (1980). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.
Yati. (2008). Penelitian Tindakan Kelasuntuk Guru.Widya CV Yrama: Bandung