Hubungan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Asli Terhadap Penentuan FPB Dan KPK Siswa Kelas Va SDN 2 Katobengke
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.197Keywords:
konsep operasi bilangan, bilangan asli, FPB dan KPKAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) bagaimanakah tingkat penguasaan KPK dan FPB siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) apakah ada hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) untuk mengetahui tingkat penguasaan KPK dan FPB kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) untuk mengetahui hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasi kuantitatif yang mengkaji hubungan antara konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va SDN 2 Katobengke tahun 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian yaitu tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) skor rata-rata tingkat penguasaan konsep operasi bilangan asli pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 70,93; 2) rerata skor ketetapan KPK dan penguasaan FPB pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 68,52; 3) Ada hubungan positif antara penguasaan konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke sebesar 0,797.
Downloads
References
Harahap, Tua Halomoan. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matemaatika Siswa Kelas VII SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Matematics Paedagogic. Vol Vii. No.2 Maret 2017.Hal : 152-161. (diakses pada 21 Desember 2017).
Herawati, Oktiana Dwi Putra. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMANegeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4. No.1 Juni 2010. Hal : 72. (diakses pada tanggal 21 Desember 2017)
Linto, Rendia Logina. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pemikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA UNP. (diakses pada 21 Desember 2017).
Rohana. (2011). MatematikaPenggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar Di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang.Jurnal Pendidikan. Vol.3. No. 3. (diakses pada 21 Desember 2017).
Saniu, Tri Nuryamin. (2013). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Perhitungan Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Mawasangka Tengah. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukino dan Wilsonn Simangunsong. (2006). Matematika untuk SMP Jilid 1 Kelas VII. Jakarta: Erlangga .