Pengaruh Penilaian Autentik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.199Keywords:
pengaruh, penilaian autentik, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penilaian autentik dan motivasi belajar tehadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. 2) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. 3) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model regresi. Populasi penelitian sebanyak 156 dengan pengambilan sampel sebanyak 40 siswa menggunakan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan adalah tes,angket, dan lembar penilaian kinerja. Data yang diperoleh dianalisis serta diuji dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasilnya sebagai berikut: 1) penilaian autentik dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah dengan diperoleh nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu 0,000 < 0,05. 2) penilaian autentik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri 1 Buton Tengah. Hal ini berdasarkan hasil analisis SPSS yang nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu0,000 < 0,05. 3) Dan untuk motivasi belajar secara terpisah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri 1 Buton Tengah. Hal ini berdasarkan hasil analisis SPSS yang nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu 0,240 > 0,05.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Etika. D.P. (2016). Keterlaksanaan Penlaian Autentik Dan Korelasinya Dengan Hasil Belajar Biologi Sma.Proceeding Biologi Education Conference, ISSN: 2528-5742), vol. 13(1) 2016, hal 196-202.
Hasan Baharun. (2016). Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Agama Islam Di Madrasah.Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, volume 3, nomor 2, September 2016.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor:Ghalia Indonesia
Mustova. A.B. (2016). Pengembangan Istrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Tik Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol.1, no.1, Oktober 2016, hal 37-46.
Novitayati, Ratna. (2013). Pengaruh Metode Blended Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS.No. 1 hal. 49.
Suhendri, Huri & Mardalena. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar.Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikian MIPA. Vol. 3 No. 2 hal. 107-108, ISSN: 2088-351X.