Analisis Kemampuan Dasar Statistik Mahasiswa pada Awal Mata Kuliah Statistik Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.200Keywords:
analisis, kemampuan dasar statistik, statistik matematikaAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat dan letak kesalahan kemampuan dasar statistik mahasiswa pada awal mata kuliah statistik matematika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unidayan Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode survei. Dalam penelitian ini, mahasiswa diminta menyelesaikan soal-soal tes pemahaman dasar statistik. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di Universitas Dayanu Ikhsanuddin pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Waktu penelitian untuk memperoleh data dan informasi dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan April 2020. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester VII yang memprogramkan mata kuliah statistika matematika tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 orang mahasiswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling, peneliti mengambil 30% dari banyaknya mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan dasar statistik mahasiswa pada awal mata kuliah statistik matematika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unidayan Baubau berada pada kategori rendah.; dan (2) letak kesalahan kemampuan dasar statistik mahasiswa pada awal mata kuliah statistik matematika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unidayan Baubau dilihat dari segi pengetahuan faktual dengan persentase interval kesalahan kemampuan dasar statistik mahasiswa pada pengetahuan faktual adalah 62,39%<P<73,33%, segi pengetahuan konseptual dengan persentase interval kesalahan kemampuan dasar statistik mahasiswa pada pengetahuan konseptual adalah 70,69%<P<80,73%, dan segi pengetahuan prosedural dengan persentase interval kesalahan kemampuan dasar statistik mahasiswa pada pengetahuan prosedural adalah 86,90%<P<93,82%.
Downloads
References
Anderson, D. R., Sweeney, D. J., & Williams, T. A. (2008). Statistics for business and economics (10th ed.). Thomson South-Western.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. In Wesley Longman, Inc. Wesley Longman, Inc.
Azis, & Nurlita, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 4(2), 46–54. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/JPZ2F
Azis, & Sardin. (2016). Pengaruh Motivasi, Sikap, Minat, dan Gaya Belajar Statistik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Menganalisis Persoalan Penelitian. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 2(2), 200–208. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/MURFJ
Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. 12 (2012).
Nurizzati, Y. (2016). Efektivitas Pembelajaran Statistik Dasar dengan Metode Praktikum Berbasis Pendidikan Karakter Islami di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences, 1(1), 36–48.
Wikipedia. (2020). Statistika. Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Statistika