Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.261Keywords:
discovery learning, keperayaan diriAbstract
Rumusah masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton yang terdiri dari 2 kelas.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 siswa.Instrumen penelitian ini yaitu angket awal dan angket akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata diperoleh nilai thitung sebesar 4,734 dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton.
Downloads
References
Deni, A.U., 2016. KONSEP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA PUTRI.2(2), 43-52
Fadriati, F., 2017. A MODEL OF DISCOVERY LEARNING BASED - TEXT BOOK OF CHARACTER AND ISLAMIC EDUCATION: AN ACCURACY ANALYSIS OF STUDENT BOOK IN ELEMENTARY SCHOOL. Ta’dib. 20(2), 188. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.1019
Ghufron Nur, M., S. Risnawita, R., 2012.Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Ilahi Takdir, M., 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. DIVA Press, Jogjakarta.
Masbow, n.d. Percaya Diri dalam Psikologi (diakses 1 Mei 2011).
Misnun, 2019.Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas 1 SDN 3 Kalijaga.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial1(2), 11–19.
Muhamad, N., 2016. Pengaruh Motode Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 9(1), 9–22.