Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 43 Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.264Keywords:
kontekstual, hasil belajarAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 43 Buton. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 43 Buton. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Buton yang terdiri atas 2 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 22 orang di SMP Negeri 43 Buton. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes kepada kedua kelas, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t = 3,749. dengan nilai sig.(2-tailed) pada 0,001 < 0,005. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima.Sehingga penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Buton.
Downloads
References
Depdiknas. 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBMSPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Iriana, A., & Safrudin. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, volume 6, nomor 1, hal. 30-34Di akses di https://ejurnal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika tanggal 14 november 2020
Joko M. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.
Nurhadi dan Agus G S. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
Ruseffendi, E. T.Dkk.(1991). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.