Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Melalui Diaring SMP Negeri 18 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.271Keywords:
kepercayaan diri, kecerdasan emosional, dan hasil belajarAbstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah, 1) apakah ada pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. 2) apakah ada pengaruh kepercayaan diri yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. 3) apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil siswa melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. Adapun tujuan dari penelitian ini, adalah 1) adanya pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. 2) adanya pengaruh kepercayaan diri yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. 3) adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar melalui daring SMP Negeri 18 Baubau. Populasi peneltian ini sebesar 193 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 45% dari populasi atau sebanyak 90 siswa. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu secara simultan tidak terdapat pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional melalui daring, ini dapat dilihat pada nilai F hitung sebesar dari 0,580 lebih kecil dari F tabel sebesar 3,10. Sedangkan secara parsial, kepercayaan diri dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Ini dapat dilihat dengan uji t hitung kepercayaan diri sebesar 0,940 dan kecerdasan emosional sebesar -0,352 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 1,66256.
Downloads
References
Albert Kurniawan, S. E. (2009). Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Penerbit Mediakom.
Alwan, Hendri, M., & Darmaji. (2017). Faktor-faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika.
Azis, & Sardin. (2016). Pengaruh Motivasi, Sikap, Minat, dan Gaya Belajar Statistik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Menganalisis Persoalan Penelitian. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 2(2), 200–208. https://doi.org/10.31219/osf.io/2xkwu
Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia.
Diah Handayani, Dwi Rendra Hadi, Fathiyah Isbaniah, Erlina Burhan, H. A. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. In J Respir Indo.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Kadim Masaong, A., & Tilome, A. (2011). Kepemimpinan berbasis multiple intelegence. Bandung: Alfabeta.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Sidiq, I. M. (2014). Analisis Kebutuhan Materi Inti Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Struktur Di Departemen Pendidikan Teknik Sipil Fptk Upi.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Yati, N., Retni, S. B., & Afreni, H. (2015). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal pada materi virus di SMA Negeri 3 kota Jambi. Jurnal FKIP Biologi, 1–13.
Yuliani, Y., Nurjhani, M., & Suhara, S. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 41–47.