STUDENTS’ GRAMMAR IN WRITING SHORT DIARY AT SMA NEGERI 3 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1395Kata Kunci:
Siswa, tata bahasa Inggris, menulis, diary pendekAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan diari pendek efektif terhadap pembelajaran grammar bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek yang signifikan penggunaan diari pendek terhadap pembelajaran grammar bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalag quasi experimental dengan desain non equaivalent control group. Sampel penelitian ini diambil secara acak dari populasi sehingga kelas IPA II sebagai kelas pembanding dan kelas IPA III sebagai kelas ekperimet. Instrumen yang digunakan adalah tes obyektif. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan iferensial.Berdasarkan data penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata tes akhir pada kelas ekperimen adalah lebih tinggi dibandingkan tes awal yakni 73.13 sedangkan nilai tes awal 48.95. Sedangkan pada kelas pembanding nilai rata-rata pada tes awal adalah 48.95 dan nilai tes akhir 61.39. dari data ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan diari pendek dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran grammar bahasa Inggris.
Unduhan
Referensi
Tarigan, Hendry Guntur. (1981). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Alma’un. (2012). A Study of The Grammatical Errors The Students’ Make in Writing Recount Text at the Eleventh Grade of SMAN 5 Baubau. Unidayan: Thesis. Unpublished.
Fries,C. (1952). The structure of English. New York: Harcourt Ltd.
Nunan, David. (1999). Second Language Teaching& Learning. New Bury House. ESL/EFL Publishing Team at Heinle and Hein.
Siahaan, Sanggam. (2008). The English Paragraph. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Gay, L.R (2006). Educational Research. London : Longman.
Akbar, dan Usman. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Suharsimi, Arikunto. (1995). Manajemen Penelitian: Jakarta:Rineka Cipta.
Ali Mufti. 1989. Penelitian Hasil Belajar. Surabaya: Usaha nasional.
Heaton, J.B. (1975). Writing English Tests. Longman Handbooks for Language Teachers. England: Longman Group Limited.
Brown, L. (1994). A Practical Grammar of English. New York: St. Martin’s Press.
Masipeda, (2008). The Problem Faced By The Second Years Students of SMPN 4 Baubau In learning English Past Tense.