Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Authors

  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1515

Keywords:

gadgets, maths learning achievement

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh gadget terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Sampel sebanyak 25 siswa yang merupakan keseluruhan populasi. Insrumen penelitian ini menggunakan wawancara (interview), dokumentasi, dan angket (kuesiner). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastistas, uji autokorelasi, dan analisis regresi sederhana. Dari nilai korelasi dan determinasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan gadget mempunyai pengaruh yang positif dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi tahun ajaran 2021/2022 sebesar 0,626 dan dengan nilai determinasi sebesar 39,2. Sedangkan berdasarkan nilai sig, terbukti signifikan dengan diketahui bahwa  nilai sig. 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan antara gadget terhadap prestasi belajar matematika sebesar sebesar 39,2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998

Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567

Hidayat, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya. 4(2), 163–173.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI / SD ( Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa ). 1(1), 10–16.

Rohmah, C. O. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Situmorang, Y. E. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. 8–21.

Suryawati, N. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Rahmatia, R., & Azis, A. (2024). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1515

Issue

Section

Articles