Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD

Authors

  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Suwarni La Usa Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.194

Keywords:

alat peraga, kubus satuan, volume kubus dan balok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kubus satuan terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala yang berjumlah 40 siswa yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata peningkatan: belajar matematika kelas eksperimen sebesar 39,25; rata-rata peningkatan hasil belajar matematika kelas kontrol sebesar 28,75; dan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normalitas diperoleh nilai signifikan hasil prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,200 dan kelas kontrol sebesar 0,200, sedangkan pada uji homogenitas menunjukkan nilai hasil prestasi belajar siswa pada kedua kelas adalah. Sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji-t diketahui  dan signifikan pada yang  berarti Sehingga disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang di ajar menggunakan alat peraga kubus satuan berpengaruh pada siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga kubus satuan dalam pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sardin. “Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone Kota Baubau pada pokok bahasan FPB dan KPK”..Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika,vol.3 no.1,pp.51-62,.ISSN:2460-8599, Maret 2017.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Anwar, A., & Usa, S. L. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.194

Issue

Section

Articles