Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1124Kata Kunci:
efektivitas pembelajaran, pembelajaran matematika, problem posing, kemampuan pemecahan masalahAbstrak
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa pendekatan problem posing efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dalam kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilakukan pada siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 8 Baubau, semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dan uji hipotesis dalam bentuk uji t. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 66,07; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 62,86; (3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 81,07; (4) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 71,25; (5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 3,372 dan nilai singnifikan p = 0,002. Sehingga model pembelajaran problem posing efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Unduhan
Referensi
Agustini, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKN 3 Pandeglang Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi [Universitas Sultan Ageng Tirtayasa]. https://eprints.untirta.ac.id/24357/
Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendekia.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS, 1(2).
Azis, A. (2023). Pengaruh Keaktifan Belajar Pasca Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 623–634. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2260
Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396
Darnati, E. T. (2001). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar melalui Pendekatan Problem Posing pada Pembelajaran Matematika. Buletin Pelangi Pendidikan, 4(1), 4–8.
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar-Zuzz Media.
Jihad, A., & Abdul, H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Multi Press.
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Setyawati, R. D., & Handayanto, A. (2017). Peningkatan Kualitas Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Secara Berkelompok Berbasis Karakter Bangsa.
Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Suherman, E. (2003). Commond Text Book (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. In Strategi Pembelajaran (Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif).
Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 : Analisis Data Statistik. Andi.