Studi Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa Yang Diajar dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah dan Metode Conseptual Understanding Procedures (CUPs) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1129Kata Kunci:
prestasi belajar, metode pemecahan masalah, metode conseptual understanding procedures (CUPs)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Problem Solving dan metode Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada siswa kelas VII SMPN 14 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Buton Tengah tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas yaitu 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes prestasi belajar matematika siswa pada kedua kelas setelah semua mata pelajaran diselesaikan, dengan metode problem solving dan metode Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 83,91 dan rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen II 75,43. Pengolahan data dalam statistik inferensial dengan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,120 dengan df = 44 sig. (2-tailed) sebesar 0,040 < (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan metode problem solving dan metode Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada siswa kelas VII siswa SMP Negeri 14 Buton Tengah.
Unduhan
Referensi
Arsyad. (2017). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Menurut. In BAB 2 Kajian teori (Issue 1).
Chayyi, N. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Kelas Yang Menggunakan Metode Pemecahan Masalah ( Problem Solving ) Dengan Kelas Yang Menggunakan Metode Dan Inflasi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Matholi ’ Ul Huda Tros O Pecangaan Jepara. In Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Semarang, Universitas Negeri: Vol. I. Universitas Negeri Semarang.
Destati, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar.
Hamiyah, N. (2014). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.
Handayani, K., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 254–270. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6156/pdf_4
Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan.
Lestari, D. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA MATERI STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X MIA SMAN 1 GUNUNGSARI. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
nurfitrianah & faridatul. (2013). Media Proyeksi Dan Multi Penggunaannya. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Susanti. (2019). mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan.
Yakub dan Herman. (2011). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. In Convention Center Di Kota Tegal (Vol. 4, Issue 80).