Hubungan Antara Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1140Kata Kunci:
gaya belajar, prestasi belajarAbstrak
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 7 rombongan kelas belajar yaitu 239 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diambil minimal 36% dari seluruh populasi dan diambil sampel sebanyak 86 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa angket gaya belajar dan prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari nilai rapor siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sderhana dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear: Y = 61,937 + 0,237X, dengan nilai t sebesar 3,732, signifikan pada 0,000 <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa diterima atau ditolak yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara gaya belajar dan prestasi belajar matematika kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau.
Unduhan
Referensi
Anwar, & Usa, S. L. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 43–48.
Gunawan. (2013). Statistik untuk penelitian pendidikan. Parama Publishing.
Hasan, D. M., Harahap, D. T. K., Inanna, D., Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, D. A. A., Susanti, Hasyim, D. S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., Fakhrurrazi, Arisah, N., Zaki, A., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan. Tahta Media Group.
Mahmud, A. (2017). pengaruh gaya belajar dan pola asuh orangtua terhadap prestasi dan motivasi sebagai variable intervening. 6(2), 518.
Murni, M (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sampolawa. Universitas Dayanu Ikhsanuddin
Oktavianingtyas. (2013). studi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Univeristas Jember. Kadikma, 4(2), 13–26.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Widoyoko. (2014). penelitian hasil belajar di sekolah. Pustaka belajar.
Yunus, M. R. (2019). Pengembangan Instrumen Nilai Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Halmahera Utara, 3, 51-57