Efektivitas Pembelajaran Berbasis Digital Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1147Kata Kunci:
efektivitas, pembelajaran digital, hasil belajar siswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan pembelajaran berbasis digital ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau yang tersebar atas 11 kelas. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena populasi yang ada mempunyai hasil belajar yang homogen, maka sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII 2 dan VIII 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Hasil penelitiannya adalah nilai signifikansinya adalah 0,028, nilai N-gain diperoleh dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 66,93 dan kelas kontrol sebesar 57,10. Maka kriteria keefektifan didasarkan pada gain score diperoleh persentase kelas eksperimen sebesar 66,93% termasuk dalam kategori cukup efektif karena berada diantara 56% sampai dengan 75% maka H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Hal ini berarti penerapan pembelajaran berbasis digital cukup efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau pada pokok bahasan statistika.
Unduhan
Referensi
Anwar, & Rahimu, W. O. S. O. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Visual pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Presatasi Belajar Siswa. Akademik Pendidikan Matematika, 7, 50–57.
Dimyati, & Mudjiono. 2014. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rinenka Cipta.
Ghozali, Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryanti, Francisca. 2020. Implementasi Student Centered Leraning Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode “Flipped Classroom.” Media Prestasi.
Hidayat, Nandang. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar.
Irhandayaningsih, Ana. 2020. “Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring.” 4(2):231–40.
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%20Digital.pdf.
Okra, Riri, & Yulia Novera. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan.” Journal Educative : Journal of Educational Studies 4(2):121. doi: 10.30983/educative.v4i2.2340.
Rahmatia, Artati Iriana, & Wa Sarido. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau.” Jurnal Akadenik Pendidikan Matematika 5(2):90–93.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Sleman: CV Budi Utama.
Sumantri, Moh. Syarifi. 2015. Strategi Pembelajaran. Kota Depok: PT. Rajagrafindo.
Sumartini, Sri T. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1).
Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Ucu, Nurlinda L., Sary D. E. Paturusi, & Sherwin R. U. A. Sompie. 2018. “Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran.” Jurnal Teknik Informatika 13(1). doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20196.
Umam, Kaiful. 2013. “PENERAPAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI BATIK KELAS X SMA NEGERI 1 BLEGA.” Jurnal Pendidikan Seni Rupa.
Zulaiha, Deni. 2018. “Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital.” Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 616–20.